Piala Dunia U-20 2021: Mandala Krida Tempat Pertandingan, Maguwoharjo & Sultan Agung Lokasi Latihan

Stadion Mandala Krida - Antara
24 Oktober 2019 17:57 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Stadion Mandala Krida, Kota Jogja, menjadi satu dari sepuluh venue yang disiapkan PSSI untuk laga Piala Dunia U-20 2021.

Kontestan Piala Dunia U-20 di DIY nanti kemungkinan akan memakai tiga lapangan untuk berlatih, yakni Stadion Maguwoharjo Sleman, Stadion Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sleman, dan Stadion Sultan Agung Bantul.

“Tempat berlatih akan disiapkan di beberapa tempat seperti Stadion Sultan Agung, Stadion UNY, dan Stadion Maguwoharjo. Pada prinsipnya tempat latihan sudah terpenuhi,” Kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda (Disdikpora) DIY, Kadarmanto Baskara Aji, Kamis (24/10/2019).

Stadion Mandala Krida dikelola Disdikpora DIY setelah direnovasi beberapa waktu lalu. Mandala Krida menjadi kandang klub Liga 2, PSIM Jogja. Sementara, Maguwoharjo adalah kandang klub Liga 1, PSS Sleman. Adapun Stadion Sultan Agung menjadi kandang klub Liga 3, Persiba Bantul dan menjadi kandang PSIM Jogja selama Mandala Krida direnovasi.

Disdikpora DIY berencana menyempurnakan Mandala Krida agar benar-benar siap menjadi sahibulbait turnamen dua tahunan tersebut.  Stadion Mandala Krida telah diverifikasi beberapa waktu lalu oleh PSSI dan FIFA. Dari pengecekan awal, ada beberapa hal yang harus segera dibenahi pada stadion yang berkapasitas 34.900 penonton tersebut.

“Selain lampu stadion, kami tinggal benahi sedikit ruang ganti. Saat ini ada dua ruang ganti yang harus diubah menjadi empat,” ucap Baskara Aji.

Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI DIY sangat senang dengan penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah.

“Semoga setelah penunjukan ini, dengan persiapan yang komprehensif dan terencana, kami dapat segera memenuhi persyaratan dan kelengkapan infrastruktur pertandingan beserta fasilitas pendukungnya,” ujar kata Ketua Asprov PSSI DIY A Syauqi Soeratno.

Sebanyak sepuluh stadion yang disiapkan menjadi venue Piala Dunia U-20 2021 meliputi Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Patriot Candrabhaga dan Stadion Wibawa Mukti (Bekasi), Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Mandala Krida (Jogja), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang), Stadion I Wayan Dipta (Gianyar).

Indonesia memenangi bidding tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 dan diumumkan di Shanghai, China, Kamis (24/10/2019). Indonesia mengalahkan Peru, Brasil, dan tiga negara Timur Tengah yang menjadi tuan rumah bersama: Bahrain, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab. FIFA masih akan menyurvei sepuluh stadion yang disiapkan PSSI untuk menentukan delapan stadion yang resmi menjadi lokasi pertandingan Piala Dunia U-20 2021.