Simon McMenemy Minta Indonesia Tiru Vietnam

Simon McMenemy - Antara/Hafidz Mubarak
16 Oktober 2019 21:27 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pelatih Indonesia Simon McMenemy menyebut Indonesia mesti mencontoh Vietnam dalam pembangunan sepak bola. Indonesia baru saja dibekuk Vietnam 1-3 pada pertandingan keempat Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (15/10/2019) malam WIB. Indonesia tertinggal tiga gol lebih dulu. Hingga akhirnya mereka cuma membalas satu gol lewat Irfan Bachdim di menit-menit akhir pertandingan.

“Pemain 70-80 persen sudah bermain sangat bagus, bertahan sangat bagus, organisasi bagus. Tapi 10 menit tidak konsentrasi, kami kebobolan. Tiga gol vietnam hadiah dari kami. Tanpa mengurangi respek terhadap Vietnam, mereka adalah tim muda dan punya pengalaman. Mereka sudah sering bersama-sama,” kata McMenemy seperti dikutip dari pssi.org.

Pelatih asal Skotlandia menyebut Indonesia harus mencontoh Vietnam dalam membangun timnas. Vietnam saat ini bisa dibilang tim yang peringkat FIFA-nya paling tinggi di antara negara Asia Tenggara. Per tanggal 19 September 2019, Vietnam menempati posisi ke-99 dunia.

“Kita bisa lihat, ketika Vietnam bermain di Piala Asia, ini tim yang berbeda. Ini adalah generasi baru mereka, mereka berani ambil risiko. Tetapi lihat pemain muda, mereka punya pengalaman,” ujar McMenemy.

“Kalau kita cuma berharap hasil-hasil saja tanpa ada usaha, itu akan sulit. Di sini kita harus ingat juga, tetapi kita lupa pada Piala Dunia sebelumnya kita di-banned," katanya.

Indonesia belum pernah menang dalam empat pertandingan Grup G. Sebelumnya, mereka dibekuk Malaysia 2-3, Thailand 0-3, dan Uni Emirat Arab 0-5. Indonesia kini berada di posisi juru kunci. Sementara, Vietnam berada di peringkat ketiga dengan tujuh angka.

Puncak klasemen dikuasai Thailand yang juga mengoleksi tujuh angka, tetapi unggul selisih gol dari Vietnam. Saat Indonesia kalah dari Vietnam, Thailand bermain bagus dan mengalahkan Uni Emirat Arab (UEA) 2-1 di Bangkok. Gol Thailand dilesakkan Teerasil Dangda dan Ekanit Panya, sedangkan gol UEA diciptakan Ali Mabkhout.

Selanjutnya, Indonesia akan melawan Malaysia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur pada 19 November 2019 mendatang.