Indonesia Hancur Lebur di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Thailand Perkasa

Indonesia versus Vietnam di Bali, Selasa (15/10/2019). - Antara/Nyoman Budhiana
15 Oktober 2019 21:27 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, GIANYAR—Indonesia luluh lantak di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Garuda belum bernah menang dalam empat pertandingan Grup G. Selasa (15/10/2019) malam, anak asuh Simon McMenemy kalah 1-3 dari Vietnam.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (15/10/2019) malam WIB, Indonesia langsung tertekan di menit-menit awal.

Hingga menit ke-15, Indonesia belum bisa memberikan ancaman berbahaya. Alberto Goncalves yang diplot sebagai ujung tombak belum mendapat umpan-umpan yang matang. Sementara Saddil Ramdani dan Riko Simanjuntak yang bergerak di sisi sayap juga masih kesulitan.

Indonesia akhirnya kebobolan pada menit ke-25. Berawal dari tendangan pojok, bola langsung diarahkan ke kotak penalti dan terjadi kemelut. Duy Manh Do lantas memanfaatkan bola liar di mulut gawang. Bola lantas dicocor dan berbuah gol. Skor 1-0 untuk Vietnam.

Tertinggal, Indonesia terus mencoba untuk menyamakan kedudukan. Mereka pun keluar menyerang dan memiliki sejumlah peluang. Termasuk tembakan keras Putu Gede di menit-menit akhir babak pertama yang masih melenceng tipis. Keunggulan tim tamu pun bertahan hingga jeda turun minum.

Di babak kedua, Indonesia kembali kebobolan. Pada menit ke-53, Tim Garuda dihukum penalti setelah Yanto Basna melakukan pelanggaran di kotak terlarang. Ngoc Hai Que yang menjadi algojo sukses menaklukkan M. Ridho.

Bahkan, Vietnam mampu menambah gol lagi pada menit ke-61. Nguyen Tien Linh lepas dari pengawalan dan membuatnya tinggal berhadapan dengan kiper. Tien Linh pun dengan mudah memasukkan bola ke gawang. Skor berubah menjadi 3-0 untuk Vietnam.

Indonesia bisa memperkecil lewat Irfan Bachdim pada menit ke-84. Vietnam sempat memiliki peluang lewat tendangan penalti lagi. Namun eksekusi Hung Dung Do berhasil ditepis Ridho. Skor 3-1 untuk keunggulan Vietnam bertahan hingga laga usai.

Hasil ini membuat Indonesia selalu kalah dalam empat laga di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Sebelumnya, mereka dibekuk Malaysia 2-3, Thailand 0-3, dan Uni Emirat Arab 0-5. Indonesia kini berada di posisi juru kunci. Sementara, Vietnam berada di peringkat ketiga dengan tujuh angka.

Puncak klasemen dikuasai Thailand yang juga mengoleksi tujuh angka, tetapi unggul selisih gol dari Vietnam. Saat Indonesia kalah dari Vietnam, Thailand bermain bagus dan mengalahkan Uni Emirat Arab (UEA) 2-1 di Bangkok. Gol Thailand dilesakkan Teerasil Dangda dan Ekanit Panya, sedangkan gol UEA diciptakan Ali Mabkhout.