Gasak Portugal, Ukraina Tim Ke-5 Lolos ke Euro 2020

Bek Portugal Pepe (kiri) tampak kecewa, sebaliknya para pemain Ukraina merayakan gol yang mengantar mereka lolos ke putaran final Piala Eropa (Euro) 2020. - UEFA.com
15 Oktober 2019 10:02 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Ukraina menjadi tim kelima lolos ke putaran final Piala Eropa (Euro) 2020 setelah menaklukkan juara bertahan Portugal dengan skor tipis 2 - 1 dalam matchday kedelapan Grup B babak kualifikasi pada Selasa (15/10/2019) dini hari WIB.

Empat tim yang telah lebih dahulu lolos ke putaran final Euro 2020 adalah Polandia (Grup G), Belgia dan Rusia (I), serta Italia (J).

Bertarung di Stadion Olimpiade di Kiev, Ukraina, tuan rumah unggul cepat pada menit ke-6 melalui gol Roman Yaremchuk dan berselang 20 menit kemudian Andriy Yarmolenko sukses menggandakan keunggulan skuat berjuluk Kuning Biru.

Portugal hanya bisa memberikan sebiji gol balasan, itu pun melalui penalti yang dieksekusi Cristiano Ronaldo pada menit ke-72. Wasit Anthony Taylor (Inggris) menetapkan penalti setelah pemain Ukraina Taras Stepanenko handball di area terlarang.

Stepanenko kemudian menerima kartu kuning atas pelanggarannya itu sehingga Ukraina harus menyelesaikan pertandingan dengan 10 pemain. Meski demikian, Ukraina tetap mampu mempertahankan keunggulan 2-1 hingga pertandingan berakhir.

Catatan spesial bagi Ronaldo, itu merupakan golnya ke-700 sepanjang kariernya, sayangnya dia gagal memaksimalkan sejumlah peluang untuk menjadi gol sebelum sukses mengesekusi penalti yang menjebol gawang tuan rumah yang dikawal kiper Andriy Piatov.

Kemenangan itu memastikan Ukraina, kini memiliki nilai 19, finis sebagai juara Grup B meskipun kalah ketika bertandang ke Serbia dalam pertandingan terakhir fase grup yang dijadwalkan berlangsung pada pertengahan bulan depan.

Portugal menempati peringkat kedua klasemen sementara dengan nilai 11. Posisi Portugal belum aman karena ada Serbia—yang pada Selasa dini hari WIB menang 2 - 1 di Lithuania—di posisi ketiga dengan nilai 10 atau hanya 1 di belakang Portugal.

Dengan demikian, Portugal dan Serbia masih berebut posisi runner up yang akan otomatis lolos ke putaran final mendampingi Ukraina. Namun, kalau pun gagal finis sebagai runner up, Portugal dan Serbia telah dipastikan lolos ke playoff untuk berebut empat tiket di luar tim juara dan runner up grup.

Terdapat 55 tim yang berebut 24 tiket ke putaran final Euro 2020, yang digelar di 12 negara, format yang baru diterapkan mulai edisi tahun depan.

Ke-55 tim itu terbagi dalam 10 grup. Juara dan runner up setiap grup lolos ke putaran final, sedangkan empat lainnya ditentukan melalui playoff.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, peserta playoff bukan ditetapkan berdasarkan hasil klasemen akhir kualifikasi, melainkan mengacu pada raihan mereka di Nations League musim 2018 - 2019.

Juara bertahan Euro adalah Portugal. Dalam pertandingan final Euro 2016 di Prancis, Portugal menundukkan tuan rumah dengan skor tipis 1 - 0 melalui perpanjangan waktu.

Sumber : Bisnis Indonesia