Inggris Balik ke Jalur Kemenangan, Kosovo Raup Poin Penuh

Timnas Inggris. - Reuters/Darren Staples
15 Oktober 2019 09:02 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Inggris balik ke jalur kemenangan dengan menggasak tuan rumah Bulgaria dengan setengah lusin gol tanpa balas dalam laga pekan kedelapan Grup A kualifikasi Euro 2020 pada Selasa (15/10/2019) dini hari WIB.

Setelah kalah 1 - 2 di Republik Cheska dalam pertandingan matchday ketujuh pekan lalu, bisa disebut Inggris mengamuk di Stadion Vasil Levski di Sofia, ibu kota Bulgaria, dengvan Ross Barkley dan Raheem Sterling masing-masing mengemas dua gol.

Saat rehat saja, Inggris sudah unggul empat gol. Marcus Rashford membuka keunggulan tim tamu ketika pertandingan baru memasuki menit ke-7 dengan assist Barkley.

Barkley sendiri kemudian menjaringkan dua gol pada menit ke-20 dan 32, sedangkan Sterling menutup pesta pada babak pertama ketika pertandingan memasuki waktu tambahan.

Pada babak kedua, Inggris tak menyurutkan tekanan hingga mampu melesakkan dua gol tambahan. Sterling kembali menjebol gawang kiper Plamen Iliev pada menit ke-68, sedangkan kapten tim Harry Kane mencetak gol penutup 6 menit menjelang wasit Ivan Bebek (Kroasia) mengakhiri pertandingan.

Dengan hasil ini, Inggris tetap memuncaki klasemen sementara Grup A dengan nilai 15, berjarak 3 angka dari Cheska di posisi kedua dan mendapat giliran tak bermain, karena kontestan grup ini hanya lima tim.

Satu laga lain di Grup A pada Selasa dini hari WIB ialah Kosovo menundukkan Montenegro di Prstina dengan dua gol dari Amir Rahman (10’) dan Vedat Muriqi (34’).

Kemenangan itu merupakan yang ketiga bagi Kosovo di kualifikasi ini dan membuat negara mungil pecahan Serbia itu bertahan di posisi ketiga klasemen sementara dengan nilai 11 dan.

, sebagaimana juga Inggris, dipastikan setidaknya lolos ke playoff untuk berebut empat tiket pendamping juara dan runner up setiap grup.

Montenegro dan Bulgaria mengisi dua slot terbawah klasemen sementara Grup A bdengan nilai masing-masing 3.

Terdapat 55 tim yang berebut 24 tiket ke putaran final Euro 2020, yang digelar di 12 negara, format yang baru diterapkan mulai edisi tahun depan.

Ke-55 tim itu terbagi dalam 10 grup. Juara dan runner up setiap grup lolos ke putaran final, sedangkan empat lainnya ditentukan melalui playoff.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, peserta playoff bukan ditetapkan berdasarkan hasil klasemen akhir kualifikasi, melainkan mengacu pada raihan mereka di Nations League musim 2018 - 2019.

Sumber : Bisnis Indonesia