PSIM Jogja vs Persatu : Menang Atau Makin Dekat Zona Degradasi

Pelatih PSIM Jogja Liestiadi - Harian Jogja/Jumali
12 Oktober 2019 18:07 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Beban berat dihadapi oleh punggawa PSIM Jogja saat menjamu Persatu Tuban pada laga tunda Liga 2 2019 Wilayah Timur di Stadion Mandala Krida, Jogja, Minggu (13/10/2019) sore.

Sebab, para pemain PSIM Jogja dituntut untuk meraih kemenangan guna memperbesar peluang melaju ke babak 8 besar. Tetapi, raihan tiga poin dari Persatu tidak sepenuhnya akan memuluskan langkah PSIM ke babak 8 besar, sebab, masih ada Martapura FC dan Persewar Waropen.

Tetapi, jika gagal meraih poin penuh, posisi PSIM yang kini berada di peringkat ketujuh dengan 24 poin, bisa saja terancam turun ke zona merah. Sebab, di peringkat kedelapan dan sembilan poin yang kini ditempati oleh PSBS Biak dan Persiba Balikpapan dengan 24 poin, bisa saja mengancam posisi dari PSIM Jogja.

Baik PSBS Biak dan Persiba Balikpapan masih menyisakan satu pertandingan, sama dengan PSIM Jogja yang masih memiliki satu pertandingan sisa melawan Persis Solo di kandang.

Sementara sang tamu, Persatu Tuban yang masih tertahan di zona merah, dengan 20 poin, dipastikan akan mati-matian untuk bangkit dan melepaskan diri dari degradasi. Dibandingkan PSIM Jogja yang masih memiliki dua laga terakhir, salah satunya melawan Persatu Tuban, tim Ronggo Lawe ini masih punya tiga pertandingan luar kandang. Di mana satu di antara tiga laga away tersebut adalah melawan PSIM.

Persatu Tuban sendiri dipastikan akan menjadi tim yang tidak bisa dianggap enteng oleh PSIM Jogja. Tim besutan mantan pemain PSIM Jogja Bambang Sumantri kini dalam performa impresif. Tidak tanggung-tanggung, empat kemenangan di lima laga terakhir berhasil diraih oleh Persatu. Kali terakhir usai mengalahkan Persik Kediri dengan skor 2-1, Persatu menang telak dengan skor 3-0 di kandang saat menjamu Mitra Kukar.

Hal ini berbanding terbalik dibandingkan penampilan Laskar Mataram. PSIM justru tersungkur usai mengemas empat kekalahan di lima laga teranyar, termasuk kekalahan 1-0 saat bersua Martapura FC, Selasa (8/10/2019) lalu. Selain mengalami tren negatif, PSIM juga tengah dihadapkan pada persoalan internal. Sebab, usai kalah 1-0 dari Martapura FC, pelatih lama mereka, Aji Santoso menyatakan mundur dan harus digantikan Liestiadi.

“Saya hanya punya waktu dua hari untuk latihan, dan mempersiapkan tim untuk menghadapi Persatu. Mereka juga dalam tren positif di mana di dua pertandingan terakhir mereka mampu meraih kemenangan. Tentu motivasi mereka akan berlipat saat bertemu kami. Oleh karena itu saya minta pemain untuk waspada permainan Tuban,” kata Liestiadi, Sabtu (12/10/2019) sore.

Kondisi PSIM ini diakui oleh mantan pelatih Blitar Bandung United dengan absennya sejumlah pemain pilar. PSIM Jogja tidak bisa diperkuat oleh sang juru gedornya Cristian Gonzales karena akumulasi kartu. Padahal, penyerang naturalisasi ini telah mengantongi 5 gol. Selain itu, sejumlah pilar lainnya, seperti M Agung Pribadi, Junius Bate, Syaiful Indra Cahya, Nugroho Fatchur Rohman, Heri Susilo dan Hendika Arga diragukan tampil karena dibekap cedera.

“Tetapi kami optimistis dengan pemain yang ada mampu mengamankan poin penuh di kandang,” terang Liestiadi.

Sementara pelatih Persatu Bambang Sumantri mengatakan timnya bertekad untuk meraih poin di kandang PSIM Jogja. Sebab, raihan poin sangat penting demi mengangkat posisi mereka dari zona merah. “Tentu kami ingin lepas dari posisi ini, kami akan maksimalkan sisa pertandingan yang ada,” ucap mantan pemain PSIM Jogja ini.

Head to Head PSIM Jogja vs Persatu Tuban:

20/7/2019 Persatu Tuban 0-2 PSIM Jogja

5 Laga Terakhir PSIM Jogja:

8/10/2019 Martapura FC 1-0 PSIM Jogja

4/10/2019 PSIM Jogja 0-2 Bogor FC Sulut United

30/9/2019 Persewar Waropen 3-1 PSIM Jogja

23/9/2019 PSIM Jogja 2-0 Madura FC

15/9/2019 PSBS Biak 1-0 PSIM Jogja

5 Laga Terakhir Persatu Tuban:

8/10/2019 Persatu Tuban 3-0 Mitra Kukar

30/9/2019 Persatu Tuban 2-1 Persik Kediri

23/9/2019 Persis Solo 1-0 Persatu Tuban

14/9/2019 Persatu Tuban 1-0 Persiba Balikpapan

6/9/2019 Persatu Tuban 3-2 Martapura FC