Ronaldo Bawa Portugal Pesta Gol, Ukraina Pimpin Klasemen

Penyerang Timnas Portugas Cristiano Ronaldo. - Reuters
12 Oktober 2019 11:02 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Ukraina dan juara bertahan Portugal makin dekat dengan putaran final Piala Eropa (Euro) 2020 setelah mencatat kemenangan dalam lanjutan kualifikasi Grup B pada Sabtu (12/10/.2019) dini hari WIB.

Bermain di Stadion Jose Alvalade di Lisbon, tuan rumah Portugal menghantam tamunya Luksemburg tiga gol tanpa balas, satu di antaranya dixcetak pemain bintang Juventus Cristiano Ronaldo.

Ronaldo mencetak gol kedua pada menit ke-65 setelah Bernardo Silva membuka keunggulan Portugal ketika pertandingan baru memasuki menit ke-16.

Satu gol lagi untuk tuan rumah asuhan pelatih Fernando bSantos dikontribusi Goncalo Guedes pada menit ke-89. Dia baru masuk lapangan 12 menit sebelumnya menggantikan Bernardo Silva.

Sementara itu, Ukraina menang 2 - 0 atas tamunya sesama pecahan Uni Soviet, Lithuania, di Stadion Oblasny di Kharkiv berkat gol yang diborong Ruslan Malinovsky pada menit ke-29 dan 58.

Dengan hasil dua laga itu, Ukraina makin mantap memimpin klasemen dengan nilai 16, diikuti Portugal 11, Serbia 7, Luksemburg 4, dan Lithuania 1.

Terdapat 55 tim yang berebut 24 tiket ke putaran final Euro 2020, yang digelar di 12 negara, format yang baru diterapkan mulai edisi tahun depan.

Ke-55 tim itu terbagi dalam 10 grup. Juara dan runner up setiap grup lolos ke putaran final, sedangkan empat lainnya ditentukan melalui playoff.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, peserta playoff bukan ditetapkan berdasarkan hasil klasemen akhir kualifikasi, melainkan mengacu pada raihan mereka di Nations League musim 2018 - 2019.

Juara bertahan Euro adalah Portugal. Dalam pertandingan final Euro 2016 di Prancis, Portugal menundukkan tuan rumah dengan skor tipis 1 - 0 melalui perpanjangan waktu.

Sumber : Bisnis Indonesia