Inggris Tumbang di Cheska, Kekalahan Pertama dalam 10 Tahun

Para pemain Inggris, Raheem Sterling (kiri), Kieran Tripper (kanan), dan Danny Rose (tengah) berjalan gontai keluar lapangan setelah timnya dikalahkan Cheska 1 - 2. - Reuters/Carl Recine
12 Oktober 2019 09:02 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Inggris menelan kekalahan pertama di kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2020 setelah ditaklukkan tuan rumah Republik Cheska dengan skir tipis 1 - 2 dalam pertandingan Grup A pada Sabtu (12/10/2019) dini hari WIB.

Dalam gelaran di Stadion Sinobo di Praha, tamu berjuluk Three Lions sempat unggul lebih dahulu melalui eksekusi penalti kapten tim Harry Kane ketika pertandingan baru berjalan 5 menit.

Wasit Damir Skomina dari Slovenia memberikan penalti untuk keuntungan Inggris setelah pemain Cheska Lukas Masopust menjatuhkan penyerang Inggris Raheem Sterling di area terlarang.

Namun, kemenangan skuat asuhan Gareth Southgate tak berlangsung lama. Tuan rumah mampu memberikan gol balasan hanya berselang empat menit kemudian melalui kontribusi Jakub Brabec.

Gol kemenangan Cheska baru datang 6 menit menjelang laga usai lewat aksi Zdenek Ondrasek setelah memanfaatkan assist Lukas Masopust.

Sekadar catatan, Lukas tak bertalian darah dengan eks-pemain Timnas Cekoslowakia Josef Masopust, pencetak gol ke gawang Brasil di final Piala Dunia 1962 yang dimenangi Samba 3 - 1. Josef pernah melatih Timnas Indonesia U-19 pada 1988 - 1991 dan pada 1984 - 1987 melatih Timnas Cekoslowakia.

Adapun bagi Ondrasek, gol ini dicetaknya dalam laga debutnya untuk Timnas Cheska dan uniknya, dia baru dipercaya membela negaranya ketika usianya sudah 30 tahun dan itu terbukti merupakan keputusan yang tepat dari pelatih Jaroslav Silhavy.

Keputusan tepat sang pelatih juga diambil dengan memasukkan Ondrasek, yang berjuluk Si Kobra karena tato kobra besar di punggungnya, 20 menit sebelum mencetak gol, menggantikan Patrik Schick.

Ini merupakan kekalahan pertama Inggris dalam 10 tahun di kualifikasi dua turnamen besar, Euro dan Piala Dunia. Terakhir kali Inggris kalah di kualifikasi dua turnamen itu dengan skor 0 - 1 dari tuan rumah Ukraina di Dnipropetrovsk.

Meski kalah, Inggris tetap memimpin klasemen sementara Grup A dengan nilai 12, sama dengan Cheska di posisi kedua. Inggris berhak mengisi pucuk klasemen karena dalam pertemuan pertama ketika menjadi tuan rumah menang 5 - 0 atas Cheska sehingga Inggris unggul head to head 6 - 2.

Inggris juga memiliki tabungan satu pertandingan dibandingkan dengan Cheska, Di Grup A yang terdiri atas lima tim, Cheska telah bermain enam kali, sedangkan Inggris baru lima pertandingan.

Di laga lain Grup A, Montenegro imbang 0 - 0 saat menjamu Bulgaria, menempatkan keduanya di posisi terbawah klasemen dengan nilai 3. Sementara itu, posisi ketiga diisi Kosovo dengan nilai 8 dan baru akan memainkan laga keenamnya menjamu Montenegro pada Selasa (15/10/2019) dini hari WIB.

Terdapat 55 tim yang berebut 24 tiket ke putaran final Euro 2020, yang digelar di 12 negara, format yang baru diterapkan mulai edisi tahun depan.

Ke-55 tim itu terbagi dalam 10 grup. Juara dan runner up setiap grup lolos ke putaran final, sedangkan empat lainnya ditentukan melalui playoff.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, peserta playoff bukan ditetapkan berdasarkan hasil klasemen akhir kualifikasi, melainkan mengacu pada raihan mereka di Nations League musim 2018 - 2019.

Juara bertahan Euro adalah Portugal. Dalam pertandingan final Euro 2016 di Prancis, Portugal menundukkan tuan rumah dengan skor tipis 1 - 0 melalui perpanjangan waktu.

Sumber : Bisnis Indonesia