Grup H Kualifikasi Euro 2020, Turki & Prancis Bersaing Ketat di Pucuk Klasemen

Ujung tombak Timnas Prancis Olivier Giroud selepas menjebol gawang Islandia. - Reuters/Gonzalo Fuentes
12 Oktober 2019 10:02 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Turki dan Prancis terus bersaing ketat di dua posisi teratas klasemen sementara Grup H kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2020 setelah sama-sama mencatat kemenangan dengan skor tipis 1 - 0 dalam pertandingan matchday ketujuh pada Sabtu (12/10/2019).

Bermain di Stadion ükrü Saracolu di Istanbul, Turki baru berhasil menjebol gawang Albania pada menit ke-90 melalui Cenk Tosun.

Sementara itu, pada saat bersamaan, Prancis menang 1 - 0 atas tuan rumah Islandia di Stadion Laugardalsvöllur di Reykjavík berkat gol penalti Olivier Giroud pada menit ke-66.

Wasit Gianluca Rocchi memutuskan penalti untuk keuntungan sang juara dunia setelah bek Islandia Ari Freyr Skúlason dianggap melanggar pemain depan Prancis Antoine Griezmann di area terlarang.

Giroud sukses mengonversi penalti menjadi gol setelah mengecoh kiper Islandia Hannes Halldorsson yang bergerak ke kanan, sedangkan bola mengarah ke sudut kiri bawah gawangnya.

Dengan hasil dua laga itu, Turki dan Prancis sama-sama mendulang nilai 18. Turki menempati posisi teratas meski kalah selisih gol 13 berbanding 16 lantaran unggul head to head berkat kemenangan 2 - 0 atas Prancis pada matchday ketiga.

Kedua tim akan bertemu pada Selasa (15/10/2019) dini hari WIB di Stade de France di Paris yang merupakan pertemuan kedua dan hasilnya akan sangat memengaruhi tim yang akan finis sebagai juara dan runner up.

Dalam pertandingan lain di Grup H pada Sabtu dini hari WIB, Andorra menundukkan Moldova 1 - 0, menempatkan keduanya di posisi terbawah klasemen sementara Grup H dengan nilai masing-masing 3. Sementara itu, Islandia (12) di peringkat ketiga dan Albania (9) peringkat keempat.

Terdapat 55 tim yang berebut 24 tiket ke putaran final Euro 2020, yang digelar di 12 negara, format yang baru diterapkan mulai edisi tahun depan.

Ke-55 tim itu terbagi dalam 10 grup. Juara dan runner up setiap grup lolos ke putaran final, sedangkan empat lainnya ditentukan melalui playoff.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, peserta playoff bukan ditetapkan berdasarkan hasil klasemen akhir kualifikasi, melainkan mengacu pada raihan mereka di Nations League musim 2018 - 2019.

Juara bertahan Euro adalah Portugal. Dalam pertandingan final Euro 2016 di Prancis, Portugal menundukkan tuan rumah dengan skor tipis 1 - 0 melalui perpanjangan waktu.

Sumber : Bisnis Indonesia