Kalahkan PSBS, Persis Solo Akan Saling Bunuh dengan PSIM di Pekan Terakhir

Persis Solo - JIBI/Solopos.com/Abdul Jalil
09 Oktober 2019 18:57 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—PSIM Jogja dan Persis Solo akan berebut dua tiket tersisa dari Grup Timur menuju delapan besar Liga 2 2019 dengan musuh bebuyutannya, Persis Solo.

Persis memelihara peluang lolos ke delapan besar setelah menang 3-0 atas PSBS Biak pada laga pekan ke-21 di Stadion Wilis, Madiun, Rabu (9/10/2019) sore. Tiga gol Persis dicetak Iman Budi Hernandi di menit ke-23 serta M. Isa di menit ke-38 dan 41. Persis kini bertengger di peringkat kelima dengan nilai 27. Selanjutnya, Persis akan menjalani laga terakhir fase grup dengan menantang PSIM Jogja dalam Derbi Mataram di Stadion Mandala Krida, Senin (21/10/2019).

Sebelum menjamu Persis, PSIM masih punya satu laga tunda, yakni melawan Persatu Tuban di Stadion Mandala Krida, Minggu (13/10/2019). Laskar Mataram kini mengoleksi 24 angka dan kemenangan atas Persatu akan membuat nilai mereka sama dengan Persis.

Satu-satunya tim di Grup Timur yang sudah menggenggam tiket ke delapan besar adalah Persik Kediri yang kini mengantongi 33 angka dan telah merampungkan semua pertandingan di fase grup. Tim lain yang berpeluang sangat besar untuk melaju adalah Mitra Kukar yang mengemas 30 angka. Nilai Mitra Kukar hanya mungkin disalip Persewar dan Martapura FC karena kedua tim sama-sama sudah meraup 28 angka. Sementara, Persis dan PSIM hanya bisa menyamai nilai Mitra Kukar. Sayangnya, baik Laskar Sambernyawa dan Laskar Mataram sama-sama kalah head to head dari Mitra Kukar. PSIM dua kali kalah dari Mitra Kukar, sedangkan Persis dua kali imbang dan kalah gol tandang. Dengan demikian, Mitra Kukar hampir pasti menemani Persik Kediri ke delapan besar.

Selain Mitra Kukar, satu lagi tim dari Grup Timur yang punya kans besar melaju ke delapan besar adalah Persewar. Klub ini bahkan bisa memastikan tiket delapan besar pada Kamis (17/10) asalkan bisa menang saat menjamu Persatu Tuban.

Dalam situasi ini, Persis dan PSIM akan saling bunuh sembari berharap Martapura FC gagal menang saat bertandang ke markas PSBS Biak pada pekan terakhir, Senin (21/10). Jika seri, Persis dan PSIM akan sama-sama gagal lolos ke delapan besar dan otomatis pula gagal promosi ke Liga 1.

Saingan PSIM dan Persis tak hanya Martapura, tetapi juga Bogor FC Sulut United. Tim yang hingga pekan ke19 masih terjerembab di zona degradasi ini malah punya peluang besar dan bisa lolos seandainya mampu mengalahkan Persewar di pekan terakhir dan di saat bersamaan Martapura FC, PSIM, serta Persis gagal memetik tiga angka.

Pelatih PSIM Jogja Aji Santoso hanya berkomentar singkat mengenai peluang timnya melaju ke delapan besar.

“Masih ada peluang. Sejauh ini, pemain tidak ada yang mengalami cedera seusai pertandingan di Martapura kemarin,” ucap Aji, Rabu (9/10/2019).