Jerman Vs Argentina: Pembuktian Kekesalan Ter Stegen

Marc-Andre Ter Stegen - Reuters/Albert Gea
09 Oktober 2019 19:47 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Hubungan dua kiper Jerman, Marc-Andre Ter Stegen dan Manuel Neuer, memanas belakangan ini. Penyebabnya adalah sikap pelatih Joachim Low yang menutup mata terhadap penampilan apik Ter Stegen bersama Barcelona.

Ter Stegen memuntahkan rasa frustrasinya karena selalu menjadi bayang-bayang Neuer di Tim Panser. Dia masih menjadi pilihan kedua meski performa Neuer tengah menurun bersama Bayern Munich.

Protes tersebut membuat kondisi ruang ganti Jerman terusik. Neuer giliran mengkritik Ter Stegen yang mementingkan diri sendiri dan cenderung tak respek dengan kiper lain seperti Bernd Leno dan Kevin Trapp.

“Bukan kali pertama Ter Stegen mengatakan ini [lebih layak menjadi kiper utama]. Saya mengerti mereka yang tidak bermain pasti tidak puas. Namun, yang terpenting adalah kesuksesan tim dan kami harus saling mendukung,” tukas Neuer dilansir Sport beberapa waktu lalu. 

Bak gayung bersambut, Joachim Low dikabarkan bakal memberikan kesempatan bermain bagi Ter Stegen saat uji coba melawan Argentina di Signal Iduna Park, Kamis (10/10/2019) dini hari WIB.

Duel melawan La Albiceleste jelas menjadi ujian ideal bagi Ter Stegen untuk membuktikan “omong besarnya”. Meski tak diperkuat Lionel Messi dan Sergio Aguero, Argentina masih punya Paulo Dybala dan Lautaro Martinez yang bisa memberi cobaan berat bagi sang kiper.

“Bersama [pelatih kiper] Andreas Kopke, kami telah memutuskan Marc [Ter Stegen] akan bermain di Dortmund [vs Argentina] dan Manu [Neuer] di Tallinn [vs Estonia, kualifikasi Euro 2020]. Kami sudah membicarakan itu dengan kedua pemain,” ucap Low.

Sang pelatih mengaku telah berulang kali menegaskan Neuer adalah kapten dan kiper nomor satu Jerman di Euro 2020.

Dia berharap keputusannya menurunkan Ter Stegen di laga melawan Argentina dapat dipahami kedua pemain. Eks pemain Jerman, Christian Ziege, menilai sudah selayaknya Ter Stegen mendapatkan kesempatan menyusul performa bagus di klub. “Mereka [Neuer dan Ter Stegen] sama baiknya.” 

Terlepas polemik di bawah mistar, Jerman patut waspada karena harus tampil tanpa Toni Kroos dan Timo Werner yang cedera. Hal itu memperpanjang daftar pemain cedera Tim Panser sebelumnya yakni Leroy Sane, Leon Goretzka, Julian Draxler, Nico Schulz hingga Antonio Rudiger. Krisis di posisi gelandang membuat Low memanggil beberapa nama debutan seperti Nadiem Amiri (Bayer Leverkusen), Suar Serdar (Schalke), Robin Koch (Freiburg), dan Luca Waldschimdt (Freiburg).

Situasi di Argentina tak lebih baik. Mereka tak diperkuat Messi yang masih menjalani suspensi serta Angel Di Maria dan Aguero yang sengaja tak dipanggil Lionel Scaloni. Sang pelatih juga tak memanggil duo kiper Franco Armani (River Plate) dan Esteban Andrada (Boca Juniors) karena mereka tengah sibuk bermain di semifinal Copa Libertadores.

Sebagai gantinya, Scaloni memanggil kiper muda Arsenal, Emiliano Martinez. Dua pemain yang berkiprah di Jerman yakni Lucas Alario (Bayer Leverkusen) dan Leonardo Balerdi (Borussia Dortmund) juga masuk skuat.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia