Advertisement

Kepemimpinan Wasit Menenggelamkan Performa Bagus Barcelona

Chrisna Chaniscara
Senin, 07 Oktober 2019 - 23:07 WIB
Budi Cahyana
Kepemimpinan Wasit Menenggelamkan Performa Bagus Barcelona Miguel Antonio Mateu Lahoz - Reuters/Max Rossi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kepemimpinan wasit yang sangat mudah mengobral kartu menjadi sisi lain kemenangan 4-0 Barcelona atas Sevilla.

Wasit Miguel Antonio Mateu Lahoz mencuri perhatian setelah mengusir dua pemain Barcelona yakni Ousmane Dembele dan Ronald Araujo jelang akhir pertandingan. Total ada delapan kartu kuning dan dua kartu merah yang dikeluarkan Lahoz dalam laga yang berlangsung di Camp Nou, Senin (7/10/2019) dini hari WIB. Berkat sikap tegas Lahoz, Ronald Araujo harus menjalani debut horor setelah diusir meski  baru bermain 14 menit dan baru melakukan satu sentuhan.

Advertisement

Araujo baru masuk di menit ke-73 menggantikan sesama pemain muda, Jean Clair Todibo. Dia memang layak mendapat kartu merah sebab melanggar Javier “Chicharito” Hernandez yang tengah melaju ke arah gawang sendirian. Belum selesai Barca menghela napas karena harus bermain dengan 10 orang, Lahoz kembali mengusir penggawa tuan rumah. Kali ini Dembele mendapatkan kartu kuning kedua di menit ke-88 lantaran memprotes kinerja wasit. Beruntung saat itu Barca sudah unggul 4-0.

Dilansir Marca, Dembele menuding Lahoz sebagai wasit yang sangat buruk sambil menggerakkan tangan dari jarak dekat. Hal itu tertera dalam laporan pertandingan yang ditandatangani Lahoz seusai laga. Akibat hukuman itu, Dembele terancam absen ketika melawan Real Madrid pada 26 Oktober. Lahoz juga sempat membuat Luis Suarez ketir-ketir karena sang pengadil sempat menunjukkan isyarat mengambil kartu di kantongnya di pertengahan babak kedua. Saat itu Suarez sudah mendapat kartu kuning. Lahoz akhirnya urung mengeluarkan kartu dan hanya mewanti-wanti Suarez dengan kalimat “jangan membuat kesalahan.”

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, meragukan ketepatan dua kartu merah yang dicabut Mateu Lahoz untuk pemainnya. Valverde menilai kartu merah seharusnya tidak perlu dikeluarkan karena laga cenderung bersih meski menjurus keras. “Wasit punya kriteria ketika menilai pelanggaran. Namun saya menyesali pengusiran Araujo sebab itu merupakan laga debutnya. Saya kira kartu merah itu tidak pantas. Soal Dembele, saya tidak tahu apa yang terjadi. Sulit mencerna kata-kata Dembele dalam bahasa Spanyol,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

MotoGP Portugal 2024: Bagnaia Buka Suara Terkait Insidennya dengan Marc Marquez

Olahraga
| Senin, 25 Maret 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement