Hadapi AZ di Liga Europa, MU Sudah Bagus Jika Menahan Seri

Ole Gunnar Solskjaer - Reuters/Jason Cairnduff
03 Oktober 2019 17:07 WIB Ivan Andimuhtarom Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Manchester United (MU) bakal menghadapi musuh berat di laga kedua penyisihan grup Liga Europa 2019-2020.

MU ditantang klub asal Belanda, Alkmaar Zaanstreek (AZ) di Stadion Cars Jeans, Den Haag, Kamis (3/10/2019) pukul 23.55 WIB. Anak asuh Ole Gunnar Solskjaer berburu kemenangan kedua dalam laga di Grup L tersebut.

AZ tak bisa diremehkan. Tim tersebut punya pertahanan terbaik di liga domestik. Mereka hanya kebobolan tiga gol dalam delapan laga yang sudah mereka lakoni di liga domestik musim ini. Meski mencetak kemenangan pada laga perdana penyisihan Grup L Liga Champions, MU tampil kurang oke di Liga Premier.

Terbaru, MU ditahan Arsenal dengan skor 1-1 di Old Trafford, pekan lalu. Lini serang MU yang mejan menjadi pekerjaan rumah (PR) untuk segera diselesaikan Solskjaer.

Beberapa pemain utama MU kemungkinan absen dalam laga tersebut. Anthony Martial dan Luke Shaw cedera hamstring, Aaron Wan-Bissaka sakit, sedangkan Diogo Dalot dan Angel Gomes juga diragukan bisa tampil di Den Haag.

Martial dan Shaw belum pernah bermain sejak MU dikalahkan Crystal Palace, Agustus lalu.  Sementara itu, Wan-Bissaka, Dalot, dan Gomes, semuanya absen pada pertandingan melawan Arsenal, Selasa (1/10/2019). Lini belakang MU juga terancam keropos karena tak akan diperkuat Phil Jones dan Eric Bailly.

Bailly masih memulihkan diri dari operasi lutut yang ia jalani selama musim panas. Pemain Pantai Gading itu dijadwalkan kembali merumput pada Desember mendatang. Solskjaer harus mencari alternatif pemain lain. Salah satunya adalah Axel Tuanzebe.

"Kami tahu tim ini akan membaik dan saya pikir kami melihat beberapa penampilan luar biasa dari Scotty [McTominay] dan Andreas [Pereira]. Anda bisa lihat Axel [Tuanzebe] akan menjadi pemain top. Ada beberapa hal yang sangat positif,” ungkap Solskjaer dikutip dari manutd.com, Rabu (2/10).

Di sisi lain, AZ membawa modal positif dari kancah domestik dengan meraih empat kemenangan beruntun. Tuan rumah saat ini duduk di urutan ketiga klasemen sementara Eredivisie, Belanda, setelah mengoleksi enam kemenangan, satu imbang dan satu kekalahan dari delapan pertandingan.

Pada pertandingan perdana Liga Champions melawan Partizan Belgrade di Serbia, AZ mampu menahan tuan rumah dengan skor 2-2 meski hanya bermain dengan 10 orang. Dengan situasi MU yang tidak dalam performa impresif, AZ berpeluang menenggelamkan MU di Den Haag.

Pelatih AZ Alkmaar, Arne Slot, jauh-jauh hari sudah mengatakan dirinya sudah senang seandainya mereka mampu bermain imbang melawan MU di fase grup Liga Europa. Menurutnya, jika timnya bisa selamat dari kekalahan di tiga laga pendahuluan, mereka memiliki satu lawan yang benar-benar menarik.

“Kita tahu bahwa Manchester United adalah lawan yang sangat kuat. Dua tim lainnya [FK Astana dan FK Partizan] sedikit tidak dikenal dan kami akan menganalisis pada periode mendatang untuk melihat apakah kami benar-benar akan memainkan peran penting dalam grup ini," ungkapnya dilansir dari tribalfootball.com. 

Sumber : JIBI/Solopos