Advertisement

Di Grup H Liga Champions, Ajax & Chelsea Menangi Laga Tandang

M. Syahran W. Lubis
Kamis, 03 Oktober 2019 - 11:02 WIB
Galih Eko Kurniawan
Di Grup H Liga Champions, Ajax & Chelsea Menangi Laga Tandang Penyerang Chelsea Tammy Abraham - Reuters/Carl Recine

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Dua pertandingan Grup H Liga Champions Eropa Grup H Liga Champions Eropa yang berlangsung pada Kamis (3/10/2019) dini hari WIB dimenangi oleh tim tamu, Ajax Amsterdam dan Chelsea.

Ajax, juara Eredivisie Belanda, membungkam tuan rumah Valencia 3 - 0 saat bertandang ke Stadion Mestalla di Valencia, Spanyol.

Advertisement

Hakim Ziyech, Quincy Promes, dan Donny van de Beek sukses mengoptimalkan penampilan efisien Ajax untuk mencetak gol-gol kemenangan meski pertandingan berjalan cukup berimbang, demikian catatan laman resmi Union of European Football Associations (UEFA).

Tampil di kandang lawan tak mencegah Ajax, semifinalis musim lalu, mengembangkan permainan menyerang dan upaya pertama mereka langsung mengancam gawang Valencia, meski tembakan sudut sempit Van de Beek masih bisa dihentikan kiper Jasper Cillessen.

Sebaliknya Valencia juga berusaha langsung keluar dari tekanan, tetapi tembakan Dani Parejo dari sisi kotak penalti mengarah tepat ke pelukan kiper Ajax Andre Onana.

Tim tamu membuka keunggulan pada menit ke-8 setelah Hakim Ziyech melepas tembakan keras yang mema ng sangat sulit untuk dihentikan Cillessen.

Valencia kemudian berpeluang menyamakan kedudukan saat mendapat hadiah tendangan penalti menyusul pelanggaran Edson Alvarez terhadap Goncalo Guedes di dalam area terlarang pada menit ke-23, tapi eksekusi Parejo yang biasanya sukses, kali ini melambung di atas mistar gawang.

Gawang Valencia malah kembali dijebol Ajax pada menit ke-34 saat Promes melakukan sontekan mudah menyelesaikan umpan matang sodoran Van de Beek.

Berselang 4 menit kemudian, upaya Valencia mencetak gol gagal lantaran tembakan melengkung Rodrigo Moreno hanya menghantam mistar gawang.

Pada menit ke-42 giliran tembakan Ziyech yang membentur mistar gawang dan upaya sambaran Nicolas Tagliafico atas bola pantul masih bisa ditepis Cillessen.

Tertinggal dua gol, Valencia bernafsu segera mencetak gol begitu memasuki babak kedua, tetapi dua peluang berbahaya Ferran Torres dan Maxi Gomez disambut penyelamatan gemilang Onana.

Tak seperti tuan rumah yang banyak membuang peluang, Ajax memperbesar keunggulan menjadi 3 - 0 pada menit ke-67 saat umpan terobosan dari kapten tim Dusan Tadic diselesaikan dengan baik oleh Van de Beek.

Valencia berusaha menyerang lagi pada menit ke-78, tetapi kembali peluang mereka yang diperoleh lewat tembakan jarak jauh Guedes masih membentur barisan pertahanan Ajax.

Ajax sempat memperoleh peluang juga, namun mereka tak mampu mengubah skor akhir kemenangan 3 - 0 atas Valencia saat peluit tanda laga usai dibunyikan wasit asal Italia Daniele Orsato.

Kemenangan di kandang lawan juga menjadi milik wakil Liga Primer Inggris Chelsea yang melawat ke markas kontestan Ligue 1 Prancis Lille, Stadion Pierre-Mauroy, dengan skor tipis 2 – 1.

The Vlues meraih kemenangan berkat gol-gol yang dicetak Tammy Abraham (22’) dan Willian Borges da Silva (77’), setelah Lille hanya bisa membalas lewat Victor Omsihen (33’).

Dengan hasil dua pertandingan itu, Ajax memimpin klasemen sementara Grup H setelah pada pertandingan pembuka bulan lalu menaklukkan Lille juga 3 -0.

Perolehan nilai tim asuhan Erik ten Hag itu 6, diikuti Valencia dan Chelsea masing-masing 3, serta Lille di dasar klasemen tanpa nilai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Olimpiade Paris 2024, Obor Api Dimulai Dinyalakan dari Reruntuhan Kuil Hera di Yunani

Olahraga
| Senin, 15 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement