Suarez Bawa Barca Tundukkan Inter, Dortmund Kuasai Grup F Liga Champions

Dua pemain FC Barcelona, Luis Suarez (kiri) dan Arthur Henrique, merayakan gol pertama ke gawang Inter Milan. - Reuters/Albert Gea
03 Oktober 2019 08:02 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Luis Suarez tampil sebagai penyelamat FC Barcelona dengan dua golnya ke gawang Inter Milan, tetapi pucuk klasemen Grup F Liga Champions Eropa milik Borussia Dortmund yang menaklukkan tuan rumah Slavia Praha 2 - 0.

Dua gol Suarez mengantarkan Barcelona bangkit dari ketertinggalan dan berhasil mengalahkan tamunya dengan skor tipis Inter Milan 2 - 1 di Stadion Nou Camp, Barcelona, Spanyol, pada Kamis (3/10/2019) WIB.

Inter Milan, pemuncak klasemen sementara Serie A yang belum kehilangan poin di kompetisi domestik Italia itu, unggul cepat lewat gol Lautaro Martinez, tapi Suarez mengemas dua gol pada babak kedua, demikian catatan laman resmi Union of European Football Associations (UEFA).

Berkat kemenangan ini Barcelona saat ini menduduki urutan kedua klasemen dengan koleksi 4 poin, kalah selisih gol dari Dortmund 1 berbanding 2, sedangkan Inter Milan (1) harus rela terpuruk di dasar klasemen sementara Grup F.

Megabintang Lionel Messi yang sempat diragukan bisa main karena dibayangi cedera, justru bisa tampil 90 menit penuh termasuk memainkan peran penting atas gol kedua sekaligus penentu kemenangan Barcelona.

Inter memasuki pertandingan dengan agresif dan baru 2 menit laga dimulai mereka berhasil membuka keunggulan lewat Martinez.

Berawal dari umpan Alexis Sanchez, Martinez berhasil menjaga penguasaan bola sembari menghindari jegalan Clement Lenglet sebelum mencetak gol ke sudut kanan bawah gawang tak terjangkau kiper Marc-Andre ter Stegen.

Kepercayaan diri terus terlihat di kubu Inter dan pada menit ke-27 Antonio Candreva berhasil menjebol gawang tuan rumah lagi, tetapi golnya dianulir karena dia berada dalam posisi offside.

Inter menyerang lagi, tetapi tembakan Nicolo Barrella bisa dihalau oleh Nelson Semedo dan tandukan Martinez sukses diantisipasi penyelamatan gemilang Ter Stegen dan tim tamu masih unggul 0 - 1 saat rehat.

Barcelona yang sebetulnya sempat beberapa kali melakukan serangan tak cukup berbahaya pada babak pertama akhirnya bisa menyamakan kedudukan lewat Luis Suarez pada menit ke-58.

Umpan silang terukur yang dikirim Arturo Vidal disambut tendangan voli terarah oleh Suarez yang tak memberi kesempatan untuk kiper Samir Handanovic melakukan penyelamatan.

Suarez akhirnya mampu mencetak gol kemenangan skuat Blaugrana setelah menjebol kembali gawang tamu 7 menit sebelum wasit Damir Skomina men gakhiri pertandingan.

Sementara itu, di laga lain Grup F, Borussia Dortmund merebut 3 poin penuh dari markas Slavia Praha berkat kemenangan 2 - 0 dengan sumbangsih dua gol Achraf Hakimi di Stadion Sinobo, Praha, Republik Cheska.

Hakimi mencetak kedua golnya pada menit ke-35 dan semenit menjelang waktu normal berakhir di tengah sejumlah peluang tuan rumah berhasil dimentahkan barisan pertahanan Dortmund.

Kemenangan itu sekaligus membuat tim besutan Lucien Favre menanjak ke puncak klasemen, sementara dengan raihan 4 poin, menggusur Slavia (1) ke posisi ketiga.

Sumber : Bisnis Indonesia