Tanpa Pilar di Tangah & Belakang, PSIM Tetap Akan Menyerang Total Saat Menjamu Sulut United

Pemain PSIM Jogja menjalani latihan di Stadion Mandala Krida, Rabu (2/10/2019) sore. - Harian Jogja/Jumali
02 Oktober 2019 22:07 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - PSIM Jogja tak akan diperkuat lima pemain saat menjamu Bogor FC Sulut United pada pertandingan pekan ke-21 Grup Timur Liga 2 2019 di Stadion Mandala Krida, Jogja, Jumat (4/10/2019) sore.

Bek Achmad Hisyam Tolle dan gelandang Raymond Tauntu harus menjalani hukuman akumulasi kartu kuning. Sementara, bek kanan Syaiful Indra Cahya dan Heri Susilo serta gelandang Nugroho Fatchur Rahman dibekap cedera. Absennya Raymond sangat berpengaruh karena hanya dia gelandang yang piawai dalam memutus serangan. Sementara, dua gelandang bertahan lainnya, Sutanto Tan dan Ade Suhendra, lebih menonjol dalam merancang permainan.

Asisten pelatih PSIM Jogja Muhammad Yusuf Prasetio memastikan Laskar Mataram akan tampil dengan formasi berbeda. PSIM sebelumnya kerap memakai 4-2-3-1 dan 4-3-2-1 yang bisa berubah menjadi 4-3-3.

“Kami hanya punya dia [Raymond] yang bertipe seperti itu [pemutus aliran serangan]. Untuk mengatasinya, kemungkinan kami akan pakai formasi berbeda,” kata Yoyo-panggilan akrab Muhammad Yusuf Prasetio kepada Harianjogja.com, seusai memimpin latihan di Stadion Mandala Krida, Rabu (2/10/2019).

Posisi bek kanan juga akan berlubang karena Syaiful Indra Cahya dan pelapisnya, Heri Susilo, mengalami cedera engkel dan harus menepi selama sepekan. PSIM hanya bisa mengandalkan M Agung Pribadi, meskipun dalam beberapa pertandingan mantan pemain Persela Lamongan bermain kurang apik.

Absennya Tolle di jantung pertahanan bisa ditambal Achmad Machrus Bahtiar maupunMuhammad Al Amin Syukur Fisabillah.

Achmad Machrus Bahtiar dan Muhammad Al Amin Syukur Fisabillah didatangkan di putaran kedua. Selain itu, masih ada Al Rizqi yang hingga pertandingan ke-16 belum pernah dimainkan meski direkrut sejak awal musim.

Yoyo optimistis PSIM Jogja akan meraih kemenangan atas Bogor FC Sulut United.

“Kami tetap lakukan apa yang sebelumnya dilakukan di kandang, kami wajib menyerang total,” katanya.

Yoyo yakin Sulut United tidak akan banyak memberikan tekanan ke barisan pertahanan PSIM Jogja. Dia merujuk pada dua pertandingan tandang Sulut United, yakni saat kalah 0-1 dari dari Martapura FC dan menahan imbang PSBS 0-0.

"Tidak ada tekanan berarti dari lini depan maupun tengah mereka," ujar dia.

Yoyo juga tak ambil pusing dengan keberadaan Ricky Nelson sebagai pelatih baru Sulut United. “Kemungkinan enggak akan ada perubahan cara bermain mereka. Kami tetap total menyerang nantinya.”