Barcelona Akan Kesulitan Menghadapi Kokohnya Lini Belakang Inter

Milan Skriniar, salah satu pilar pertahanan Inter Milan - Reuters/Albert Gea
02 Oktober 2019 20:47 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Inter Milan langsung berubah menjadi tim yang sangat solid di bawah arahan Antonio Conte. La Beneamata kini adalah tim dengan pertahanan gerendel yang susah diterobos.

Dari tujuh laga yang dijalani di Liga Serie A Italia, gawang Samir Handanovic baru kebobolan dua gol. Tak ada tim dari lima liga top Eropa yang punya catatan kebobolan lebih sedikit dari Inter musim ini.

Nerazzurri juga cuma kebobolan tiga gol jika ditotal dengan ajang lain. Hanya Paris Saint-Germain yang mendekati pencapaian Inter dengan hanya kebobolan empat gol di semua kompetisi. Tim kuat asal Inggris, Manchester City dan Liverpool, sama-sama telah kemasukan tujuh gol.

Kualitas pertahanan seperti inilah yang harus dihadapi Barcelona saat menjamu Inter dalam lanjutan Liga Champions di Camp Nou, Kamis (3/10/2019) dini hari WIB.

Di saat butuh kekuatan penuh untuk menggedor lini belakang lawan, penyerang Barca seperti Lionel Messi dan Ousmane Dembele belum pasti tampil sebagai starter meski sudah berlatih bersama tim. Penyerang belia, Ansu Fati, masih diragukan kebugarannya.

Barca tinggal menyisakan trio Luis Suarez, Antoine Griezmann dan Carles Perez sebagai penyerang yang fit saat laga nanti. Dilansir marca.com, Selasa (1/10), Valverde bisa saja memaksakan diri memainkan Messi untuk memastikan tiga angka di kandang sendiri. Maklum di laga perdana Liga Champions Blaugrana ditahan imbang Borussia Dortmund dengan skor 0-0.

Masalahnya, Messi ternyata memiliki catatan buruk kala bertemu Inter. Kehebatan La Pulga seakan lenyap ketika menghadapi Si Ular lantaran belum sekali pun membukukan gol dari tiga perjumpaan. Jika diturunkan di laga nanti, pendukung Barca jelas berharap Messi bisa memutus catatan buruknya itu dengan menjebol gawang tim tamu.

Bek Barcelona, Clement Lenglet, menilai kekompakan dan kesabaran tim akan diuji pada bentrok lawan Inter.

“Pertandingan di Liga Champions selalu menjadi ujian bagus. Apalagi kami menghadapi Inter yang sedang menjalani musim yang positif,” ujar Lenglet seperti dilansir marca.com, Selasa (1/10).

Barca punya modal untuk memberikan kekalahan perdana bagi Inter musim ini jika merujuk rekor pertemuannya melawan wakil Italia itu. Barcelona sukses memenangi keempat laga kandangnya melawan Inter di Liga Champions, mencetak delapan gol tanpa sekali pun kebobolan.

Tak hanya itu, Los Cules mampu memenangi 10 dari 11 laga kandang terakhirnya di Eropa tanpa menelan kekalahan. Di lain pihak, Nerazzurri mendadak jadi ayam sayur di luar kandang dengan hanya menang 12 kali dalam 12 laga tandang terkini di Eropa.

Catatan buruk itu masih ditambah rekor empat kali kalah tanpa sekali pun menang dalam lima laga tandang terakhir melawan klub-klub Spanyol.

Namun, Inter bisa berharap pada Romelu Lukaku maupun Stefano Sensi yang masing-masing telah mengemas tiga gol sejauh ini. Namun, striker Inter yang notabene eks Barca, Alexis Sanchez, urung bermain karena akumulasi kartu.

Pelatih Inter, Antonio Conte, menilai anak asuhnya harus bermain dengan intensitas tinggi dan membatasi pergerakan lawan. “Jika tidak, Anda sedang berada dalam masalah,” ujar Conte dilansir Barca Blaugranes.

Sumber : JIBI/Solopos