City Mantap Pimpin Klasemen Grup C Liga Champions

Penyerang Manchester City Raheem Sterling - Reuters/Jason Cairnduff
02 Oktober 2019 10:02 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogjacom, JAKARTA – Manchester City membekuk tamunya Dinamo Zagreb dengan skor 2 - 0 berkat gol yang dicetak dua supersub dalam laga lanjutan Grup C Liga Champions Eropa di Stadion Etihad di Manchester, Inggris, pada Rabu (2/10/2019) dini hari WIB.

Kali ini peran supersub dimainkan oleh Raheem Sterling dan Phil Foden yang baru masuk pada babak kedua pertandingan namun masing-masing mencetak satu gol untuk kemenangan City, demikian catatan laman resmi Union of European Football Associations (UEFA).

Tuan rumah tampil sangat dominan namun tak kunjung bisa mencetak gol di babak pertama, termasuk lewat peluang Ilkay Gundogan yang membentur mistar gawang pada menit ke-21.

Kebuntuan terus dialami City hingga awal babak kedua sehingga Guardiola menurunkan Sterling menggantikan Bernardo Silva pada menit ke-56.

Baru 10 menit merumput, Sterling sukses memecahkan kebuntuan saat ia menyontek umpan tarik matang kiriman Riyad Mahrez di muka gawang untuk membuka keunggulan City atas Dinamo.

Keunggulan itu hampir digandakan City pada menit ke-74 saat Joao Cancelo melepaskan umpan silang yang berhasil ditemui Sergio Aguero, namun tandukannya mengarah tepat ke pelukan kiper Dominik Livakovic.

Pada menit ke-87, Livakovic kembali melakukan penyelamatan gemilang atas upaya Mahrez menyarangkan bola ke sudut tiang jauh.

Pada menit pertama masa injury time, Foden masuk menggantikan David Silva dan ia hanya perlu waktu 4 menit sebelum mencetak gol kedua City.

Sterling memimpin serangan balik City dengan opsi umpan Rodri Hernandez di kiri dan Foden di kanan. Sterling memilih mengirim bola untuk Foden dan hal itu tak disia-siakan oleh pemain berusia 19 tahun tersebut yang melepaskan tembakan keras tak terbendung Livakovic, sekaligus memastikan kemenangan City menjadi 2 - 0.

Di laga lain di Grup C, wakil Serie A Atalanta menyerah di Stadion Giuseppe Meazza di San Siro, Milan, Italia, dari tamunya Shakhtar Donetsk dengan skor 1 - 2.

Gol kemenangan tamu dari Ukraina terjadi ketika injury time pertan dingan babak kedua memasuki menit ke-5 melalui Manor Salomon.

Sebelumnya Duvan Zapata membuka keunggulan tuan rumah pada menit ke-28 dan dibalas Shakhtar 5 menit menjelang rehat lewat kontribusi Junior Moraes.

Dengan hasil dua pertandingan itu, Manchester City memimpin klasemen sementara Grup C dengvan koleksi 6 angka, diikuti Dinamo Zagreb 3 dan Shakhtar 3, sedangkan Atalanta terbenam di dasar klasemen nihil nilai akibat menelan dua kekalahan.

Sumber : Bisnis Indonesia