Ini Skenario agar PSIM Lolos ke 8 Besar

Aji Santoso - Harian Jogja/Jumali
01 Oktober 2019 19:07 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - PSIM Jogja saat ini tertahan di peringkat kelima klasemen sementara Grup Timur Liga 2 2019. Laskar Mataram masih memiliki peluang besar lolos ke 8 besar asalkan memenangi tiga laga kandang dan tak kehilangan poin di satu laga tandang.

PSIM mengoleksi 24 poin, tertinggal enam angka dari Persik yang berada di puncak klasemen, tiga angka dari Mitra Kukar, dan satu angka dari Persewar Waropen serta Martapura FC.

PSIM masih memiliki tiga laga kandang yakni melawan Sulut United, Jumat (4/10/2019), Persis Solo, Minggu (13/10/2019) dan laga tunda di kandang melawan Persatu Tuban. Adapun satu lawatan yang harus dijalani Laskar Mataram adalah melawan Martapura FC, Selasa (8/10/2019).

Jika mampu menyapu bersih tiga pertandingan kandang, PSIM akan mengumpulkan 33 dan bisa mengakhiri fase grup di peringkat ketiga atau keempat.

Mitra Kukar masih menyisakan dua laga kandang dan satu laga tandang. Jika Mitra Kukar mampu menyapu dua laga kandang, mereka akan mendapat nilai yang sama dengan PSIM dan punya keunggulan head to head. 

Persik Kediri berpeluang besar lolos dan menempati peringkat pertama, karena tim Macan Putih ini masih menyisakan dua pertandingan kandang. Jika mampu meraih enam poin di kandang, Persik akan meraup 36 angka.

Sementara Persewar Waropen punya tiga sisa laga yakni dua laga kandang melawan Persis Solo dan Persatu Tuban serta satu laga ke kandang Sulut United. Tim asal Papua ini akan mengumpulkan 31 poin apabila mampu memenangi dua laga kandang. 

Adapun Martapura FC masih menyisakan dua laga tandang melawan Persiba Balikpapan dan PSBS serta satu laga kandang yang sangat menentukan, yakni melawan PSIM.

“Kami masih punya peluang untuk lolos ke babak 8 besar. Tetapi, kami masih harus melihat pertandingan tim lainnya juga untuk finis di peringkat keempat klasemen," ucap pelatih PSIM Jogja Aji Santoso.