PERSEWAR VS PSIM JOGJA : Babak Pertama, PSIM Tertinggal 2-1

Pertandingan Persewar vs PSIM Jogja - Instagram/PSIMjogja_official
30 September 2019 14:14 WIB Jumali Sepakbola Share :


Harianjogja.com, BIAK - PSIM Jogja sementara tertinggal 2-1 dari tuan rumah Persewar Waropen pada babak pertama di Stadion Cendrawasih, Biak, pada laga lanjutan Grup Timur Liga 2 2019, Senin (30/9/2019) sore. Dua gol Persewar diborong oleh Toumahuw Yacob Ronald pada menit ke-5 dan 21. Sedangkan satu gol PSIM Jogja dicetak oleh Cristian Gonzales pada menit ke-14.

Pada laga yang akan digelar pada pukul 15.30 WIT atau 13.30 WIB, pelatih PSIM Jogja Aji Santoso memilih menempatkan penyerang tunggal Cristian Gonzales di lini depan. Cristian akan disokong keberadaan dari dua pemain sayap yakni Ichsan Pratama dan Witan Sulaeman. Sedangkan di lini tengah diisi oleh tiga pemain gelandang Ade Suhendra, Raymond Tauntu dan Sutanto Tan. Sedangkan empat pemain belakang PSIM dipercayakan kepada Aditya Putra Dewa, Hendra Wijaya, Ahmad Hisyam Tolle dan Heri Susilo. Sementara untuk penjaga gawang diisi oleh Ivan Febrianto.

Sementara tuan rumah Persewar memilih menggunakan pola 3-5-2. Di mana, kiper diisi oleh Singgih. Sedangkan Asrawan, Fiktor Pae dan Izaac Johanis Wanggai dipasang sejajar di lini belakang. Sementara di lini tengah ada Elfis Nuh Harewan, Eljo Ernest Iba, Kevin Joshua Scheuneman, Rudy Kurni dan Samuel Gideon Balinsa. Adapun lini depan Persewar diisi oleh Daud Irfan dan Toumahuw Yacob Ronald.

Alhasil, Persewar yang tampil menekan sejak awal babak pertama langsung unggul 1-0 pada menit ke-5 lewat tendangan dari Toumahuw Yacob Ronald. Berawal dari kesalahan koordinasi pemain belakang PSIM Jogja, penyerang bernomor punggung 8 ini lolos ini langsung merobek jala gawang Ivan Febrianto di sisi kiri. Skor 1-0 untuk keunggulan Persewar.

Tertinggal donasi gol, PSIM mencoba bangkit. Namun, beberapa peluang yang didapatkan belum mampu mengubah kedudukan. PSIM baru mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui sundulan kepala Cristian Gonzales pada menit ke-14. Cristian yang lepas dari kawalan langsung menyundul bola di pojok kanan atas gawang Singgih. Skor 1-1.

Sadar lawan mulai bangkit, anak asuh Ellie Aiboi terus menekan. Alhasil di menit ke-21, Toumahuw Yacob Ronald kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah mencetak brace dan gagal diantisipasi oleh kiper PSIM Jogja Ivan Febrianto. Skor 2-1 untuk keunggulan Persewar.

PSIM yang tidak mau kalah, terus tampil menekan. Namun, usaha dari para punggawa Laskar Mataram selalu kandas. PSIM memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan setelah pada menit ke-41, Persewar dipaksa main dengan 10 pemain usai Viktor Pae diganjar kartu merah oleh wasit Bardan asal Kalimantan Barat yang memimpin jalannya laga. Sayang keunggulan pemain ini belum mampu dimanfaatkan dengan maksimal oleh PSIM Jogja. Hingga turun minum skor 2-1 untuk keunggulan Persewar tetap bertahan.

Susunan Pemain

Persewar
Pola 3-5-2
Pelatih Elie Aiboi

Kiper
Singgih

Belakang
Asrawan
Viktor Pae
Izaac Johanis Wanggai

Tengah
Elfis Nuh Harewan
Eljo Ernest Iba
Kevin Joshua Scheuneman
Rudy Kurni
Samuel Gideon Balinsa

Depan
Daud Irfan
Toumahuw Yacob Ronald

PSIM Jogja
Pola 3-5-2
Pelatih Aji Santoso

Kiper
Ivan F

Belakang
Aditya P
Hendra W
Heri Susilo

Tengah
Ahmad H
Ade S
Raymond T
Sutanto Tan
Witan S

Depan
Ichsan P
Cristian Gonzales