Advertisement

Otavio Dutra Sah Jadi WNI

Newswire
Jum'at, 27 September 2019 - 23:57 WIB
Budi Cahyana
Otavio Dutra Sah Jadi WNI Otavio Dutra (kanan) berebut bola dengan penyerang Arema Ricky Kayame. - Antara/Ari Bowo Sucipto

Advertisement

Harianjogja.com, SURABAYA—Bek Persebaya Surabaya kelahiran Brasil, Otavio Dutra, resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) seusia mengucapkan janji setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia di kantor Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Surabaya, Jumat (20/9/2019).

“Bersediakah saudara saya ambil sumpah,” kata Kepala Kanwilkumham Jatim Susy Susilawati saat memimpin pembacaan sumpah.

Advertisement

“Saya bersedia,” kata Dutra yang kemudian mengikuti kata-kata Kepala Kanwilkumham Jatim.

“Saya berjanji bahwa saya akan melepaskan seluruh kesetiaan saya kepada kekuasaan asing kemudian tunduk dan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.”

Seusai mengucapkan janji, Dutra kemudian menandatangani berita acara dengan disaksikan oleh para saksi. Dutra mengakui, keinginan dirinya menjadi warga negara Indonesia sejak pertama kali bermain sebagai pemain sepak bola Indonesia.

“Saat itu saya tahu Persebaya merupakan tim yang hebat di kota Surabaya. Keluarga saya juga tinggal di Surabaya,” katanya.

Ia menjelaskan beralihnya kewarganegaraan dari Brasil ke Indonesia ini mendapatkan dukungan penuh dari keluarganya, termasuk anaknya yang kini masih duduk di bangku SMP.

“Anak saya merasa Indonesia merupakan negaranya, karena sejak dari kecil anak saya sudah berada di Indonesia, punya banyak teman di Indonesia,” katanya.

Setelah proses pengambilan sumpah selesai Dutra ingin sekali langsung membela Tim Nasional Indonesia dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Uni Emirat Arab.

“Saya sudah dua kali gagal membela timnas, saya harap dengan pelayanan yang baik dari Kemenkumham Jatim bisa mewujudkan harapan saya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Proliga 2024 Kamis 24 April, Pertandingan Pertama LavAni vs Garuda Jaya

Olahraga
| Kamis, 25 April 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement