Ubah Formasi Pohon Natal, PSIM Atasi Madura FC Berkat Brace Gonzales

Cristian Gonzales - Harian Jogja/Jumali
23 September 2019 18:57 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—PSIM Jogja memetik tiga poin dan kembali ke empat besar setelah mengalahkan Madura FC 2-0 pada laga pekan ke-19 Liga 2 2019 Grup Timur di Stadion Mandala Krida, Jogja, Senin (23/9/2019) sore.

Dua gol yang membawa PSIM naik dari anak tangga keenam klasemen sementara menuju peringkat ketiga dicetak bomber veteran Cristian Gonzales pada menit ke-66 dan 76. Brace El Loco sekaligus membalas kekalahan 0-2 dari Madura FC pada putaran pertama di Stadion A Yani, Sumenep beberapa waktu lalu.

“Ini jadi modal positif bagi kami untuk menatap laga ke depan,” kata Pelatih PSIM Jogja Aji seusai pertandingan.

Aji memainkan strategi berbeda di pertandingan kali ini. Jika biasanya PSIM memakai formasi 4-2-3-1, kali ini mereka menggunakan 4-3-2-1 alias formasi pohon natal.

Di tengah, Aji memasang tiga gelandang yakni Ade Suhendra, Raymond Tauntu dan Nugroho Fatchur Rohman. PSIM pun lebih banyak menguasai bola.

Meski demikian, hingga babak pertama rampung, Laskar Mataram gagal mengojak jala Madura FC.

“Madura lebih banyak berkumpul di lini tengah. Ini yang membuat kami kesulitan membongkar pertahanan mereka. Banyak peluang tetapi selalu kandas saat berhadapan dengan banyaknya pemain di lini tengah,” lanjut bek PSIM Jogja Ahmad Hisyam Tolle.

Aji kemudian mengubah formasi di babak kedua. Dia menarik keluar Nugroho Fatchur Rohman dan memasukkan Gonzales. Enam menit di lapangan, El Loco berhasil membuka keunggulan lewat tandukan seusai menerima umpan silang dari Aditya Putra Dewa.

Gonzales kembali menambah gol untuk PSIM pada menit ke-76 setelah menerima asis Witan Sulaeman.

“Saya memang masukkan El Loco di babak kedua dan ini langkah tepat. Dia bisa cetak gol. Saya sedari awal memang sengaja menyiapkan dia untuk babak kedua,” ungkap Aji.

Kekalahan 0-2 dari PSIM Jogja membuat Pelatih Madura FC Agus Yuwono kecewa. Menurut dia, dua gol yang bersarang ke gawangnya seharusnya tidak perlu terjadi. “Dua gol itu sejatinya tidak perlu terjadi. Sebab, di babak pertama kami mampu tampil maksimal,” ucap Agus Yuwono.

PSIM kini duduk di peringkat ketiga dengan koleksi 24 poin, tertinggal dua poin dari Mitra Kukar dan enam poin dari Persik Kediri. Dalam pertandingan yang berlangsung di waktu bersamaan di Kediri, Persik mengalahkan Mitra Kukar 2-0.