PSG & Madrid Sama-Sama Compang-Camping

Gareth Bale - Reuters/Andrew Couldridge
18 September 2019 21:27 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJAUntuk kali pertama sejak 2015, Real Madrid memulai kampanye Liga Champions dengan predikat bukan juara bertahan. Dominasi Madrid yang mencetak hattrick juara Liga Champions pada 2016-2018 harus terputus tahun ini. Liverpool menjadi juara Liga Champions 2019 setelah menundukkan sesama klub Liga Premier Inggris, Tottenham Hotspurs di partai final.

Los Blancos akan menghadapi Paris Saint Germain (PSG) pada laga perdana grup A di markas PSG, Parc de Princes, Paris, Prancis pada Kamis (19/9/2019) mulai pukul 02.00 WIB (disiarkan langsung SCTV). Kedua tim jelas mengincar kemenangan karena mereka sama-sama membanggakan pasukan bertabur bintang senilai ratusan juta Euro pada duel sengit itu.

Laga itu memang menjadi laga terberat di grup bagi kedua tim. Pasalnya, jauh-jauh hari setelah drawing, keduanya diprediksi akan menjadi juara dan runner up grup A. Hal itu tak lain karena dua tim pesaing lain “hanya” diisi oleh Galatasaray dan Club Brugge.

Los Merengues datang ke Paris dengan modal tak terkalahkan di La Liga. Hanya saja, laga itu bukannya tanpa kendala. Sang pelatih Zinedine Zidane mesti putar otak menentukan pemain yang akan ia mainkan karena sebanyak tujuh pemain utama terpaksa absen.

Yang terbaru, bek sayap asal Brazil, Marcelo, masuk daftar pemain cedera setelah membantu Madrid meraih kemenangan 3-2 atas Levante, Sabtu (14/9/2019). Sebelumnya, daftar cedera di tim raksasa Spanyol itu sudah diisi oleh Isco, Marco Asensio, Federico Valverde dan Luka Modric. Sementara Sergio Ramos dan Nacho mendapat larangan bermain di laga perdana Liga Champions itu.

Madrid memang mengalami kendala dengan absennya sejumlah pilar lini pertahanan. Bek tengah pelapis yang ada pada Eder Militao mungkin belum bisa diuji untuk menghadapi keganasan juara Ligue 1 Prancis tersebut.

Tetapi keberadaan Bale yang kembali tampil trengginas dan Eden Hazard yang kembali fit, Real Madrid berpotensi mengungguli siapapun lawan yang ada di hadapan mereka. Apalagi, secara statistik, dilansir dari whoscored.com, Madrid memiliki rekor kemenangan lebih besar. Dalam lima pertemuan di seluruh kompetisi, Madrid mengoleksi tiga kemenangan, satu imbang, dan satu kekalahan.

Di kubu PSG, Thomas Tuchel juga tak bisa mengerahkan 100 persen kemampuan timnya. Kylian Mbappe dan Edinson Cavani yang menjadi tumpuan lini seranga mengalami cedera. Fatalnya, bintang PSG lainnya, Neymar, juga sudah pasti tak akan bisa turun ke lapangan karena harus menjalani larangan tiga pertandingan.

Petaka itu bisa jadi berkah bagi rekrutan baru PSG, Mauro Icardi. Mantan bintang Inter Milan tersebut mendapat kesempatan debut dan bahkan bermain penuh selama 90 menit untuk PSG.

Bek Real Madrid, Ferland Mendy, bersemangat menghadapi laga melawan PSG. Pemain internasional Prancis tersebut mengungkapkan pernah menolak kesempatan bergabung dengan PSG beberapa tahun lalu.

"Ada kesempatan untuk bergabung dengan PSG saat itu, tetapi kenyataannya adalah, saya tidak benar-benar tertarik," kata Mendy kepada Canal + di Prancis dilansir dari football-espana, Senin (16/9/2019).

“Saya sudah setuju untuk bergabung dengan Lyon pada tahap itu dan saya sudah meninggalkan PSG di awal karir saya, setelah mereka memberi saya kesempatan di tim muda mereka setelah saya pikir saya mungkin perlu diamputasi. Saya dari Paris dan keluarga saya akan berada di pertandingan [Kamis WIB], itu akan menjadi acara khusus bagi saya," lanjutnya.

Sementara itu, Mbappe yang dipastikan tak bisa memperkuat timnya di laga perdana grup A Liga Champions  itu mengungkapkan kesedihannya melalui media sosial pribadinya. Ia menyesal tak bisa membantu PSG.

"Sekarang ini resmi, saya tidak akan dapat memulai kampanye Eropa kami di kandang melawan Real Madrid. Saya sangat sedih karena tidak bisa bermain tetapi saya akan memberikan dukungan penuh saya kepada tim dari tribun. Saya berharap 100% pada pengembalian saya untuk memberikan yang terbaik seperti yang selalu saya lakukan,” kata dia dilansir dari AS, Senin.