Borussia Dortmund Vs Barcelona: Panggung Pembuktian Alcacer

Paco Alcacer (kiri) dan Marco Reus - Reuters/Annagret Hilse
17 September 2019 19:47 WIB Ivan Andimuhtarom Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Awal musim 2018-2019, Paco Alcacer dipinjamkan Barcelona ke Borussia Dortmund karena gagal bersaing dengan Luis Suarez. Kini, Alcacer menjelma sebagai mesin gol yang sangat efektif bagi Die Borussen.

Perjalanan karirnya di Dormund musim itu sungguh mengesankan. Pemain berpaspor Spanyol itu menyokong 18 gol bagi timnya di Bundesliga. Hal itu membuat Dormund akhirnya membelinya seharga 37 juta euro atau setara Rp574 miliar dari Tim Catalan.

Dengan seragam barunya, Alcacer kemungkinan besar akan turun sebagai starter saat timnya menjamu Barcelona di laga perdana babak penyisihan Liga Champions di Stadion Signal Iduna Park, Rabu (18/9/2019) nanti mulai pukul 02.00 WIB. (disiarkan langsung SCTV).

Alcacer jelas berambisi menunjukkan diri, Barca telah salah membuangnya.

"Aku tidak pernah mengalaminya. Ketika dia bermain, dia hampir selalu mencetak gol," ungkap pelatih kepala Dortmund, Lucian Favre mengomentari performa Alcacer dilansir dari bundesliga.com, Senin (16/9).

Dan ketika ditanya apakah dia akan berselebrasi seandainya mencetak gol ke mantan klubnya, Alcacer, mengatakan kepada SER Catalunya, dirinya akan memutuskan saat hal itu terjadi.

"Saya menghormati banyak orang di sana [Barcelona]. Banyak orang berperilaku sangat baik terhadap saya, tetapi banyak orang berperilaku sangat buruk. Rekan satu tim saya dan para penggemar memperlakukan saya dengan baik,” ujarnya dilansir dari mirror.co.uk, Senin.

"Seperti dalam pekerjaan apa pun, jika orang mempercayai Anda, Anda memberikan yang terbaik, dan jika mereka tidak mempercayai Anda, Anda tidak memberikannya. Sangat penting bagi saya untuk melihat tanda-tanda kepercayaan dan pada akhirnya banyak orang tidak menunjukkannya," lanjutnya.

Borusia dan Barca berada di grup F bersama Inter Milan dan Slavia Praha. Perjumpaan kedua tim pada Rabu dini hari WIB dipastikan bakal menyajikan pertandingan yang sengit karena keduanya berambisi mengamankan poin penuh.

Dortmund memiliki kepercayaan diri tinggi setelah menang mengesankan 4-0 atas Bayer Leverkusen di Bundesliga akhir pekan ini. Marco Reus mencetak dua gol untuk tuan rumah, sementara Paco Alcacer dan Raphael Guerreiro juga masuk dalam daftar pencetak gol selama penampilan bagus.

BVB menderita kekalahan 3-1 dari Union Berlin dalam pertandingan terakhir mereka sebelum jeda internasional tetapi kembali ke jalur kemenangan dengan cara mengesankan untuk menempati posisi kedua dalam klasemen sementara Bundesliga, terpaut satu poin di belakang pemimpin RB Leipzig.

Dortmund memang patut waspada kepada tim tamu. Dalam sejarahnya, klub asal Jerman itu pernah menderita tiga kekalahan dari 15 pertandingan kandang saat berjumpa tim asal Spanyol. Memang, pada Liga Champion musim lalu, Dortmund sukses mencukur gundul Atletico Madrid di fase grup empat gol tanpa balas.

Hanya saja, Marco Reus dkk. sejauh ini belum pernah berjumpa Barcelona di Liga Champion. Mereka hanya dua kali bertemu pada Piala Super UEFA pada 1998, di mana Barca meraih kemenangan dengan agregat 3-1.

Di sisi lain, Barca juga memiliki modal positif menatap laga perdana Grup F tersebut. Pasukan Ernesto Valverde meraih kemenangan kadang 5-2 atas Valencia pada lanjutan La Liga 2019. Barca berhasil menang tanpa bantuan Messi yang masih dibekap cedera.

Barca telah kehilangan poin dalam dua pertandingan La Liga musim ini setelah kalah dari Athletic Bilbao dan seri dengan Osasuna, tetapi kemenangan atas Valencia telah membuat mereka kembali ke trek positif. Pertandingan itu juga menjadi laga istimewa bagi Anssumane Fati yang berusia 16 tahun, yang mencetak gol keduanya untuk klub.

Luis Suarez yang  masuk ke lapangan dari bangku cadangan juga berhasil menyarangkan dua gol untuk Blaugrana. Hal itu mengungkapkan fakta bahwa pemain internasional Uruguay telah fit dan memberi dorongan raksasa Catalan untuk meraih kemenangan saat bertandang ke markas Dortmund.

Messi belum bermain musim ini karena masalah betis, dan bos Barca Ernesto Valverde baru-baru ini mengakui bahwa pemain internasional Argentina itu sepertinya tidak akan diturunkan pada  pertandingan dengan BVB. Kembalinya Suarez memiliki dampak besar, tetapi juara Spanyol itu bukan tim yang sama ketika Messi tak bersama mereka.

"Messi adalah pemain yang sangat, sangat penting bagi kami. Saya tidak dapat menyangkal hal itu. Tetapi ada saat-saat lain ketika ia belum bermain dan kami telah melewati pertandingan dengan baik. Ia memiliki masalah lengan tahun lalu dan tim merespons sangat baik,” ujar pelatih Barcelona, Ernesto Valverde.

"Tentu saja dia pemain yang menentukan, dia bisa mengubah permainan karena apa yang dia lakukan tidak hanya untuk pemain kami tetapi juga untuk lawan.Dia pemain terbaik di dunia, kami ingin dia kembali secepat mungkin, tapi kami ingin dia kembali dengan kebugaran penuh, tidak kembali dan kemudian mengalami kemunduran," kata Valverde.

Sumber : JIBI/Solopos