Advertisement

Kualifikasi Euro, Portugal Pesta di Lithuania

M. Syahran W. Lubis
Rabu, 11 September 2019 - 10:02 WIB
Galih Eko Kurniawan
Kualifikasi Euro, Portugal Pesta di Lithuania Ujung tombak Timnas Portugal Cristiano Ronaldo. - Reuters/Duarte Sa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Cristiano Ronaldo mencetak empat gol saat mengantarkan Portugal melumat tuan rumah Lithuania 5 - 1 dalam laga Grup B kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2020 di Stadion LFF, Vilnius, Rabu (11/9/2019) dini hari WIB.

Tiga dari empat gol Ronaldo itu dicetaknya dalam 15 menit pada babak kedua, demikian catatan laman resmi Union of European Football Associations (UEFA).

Advertisement

Bahkan di tengah penampilan gemilangnya bersama Portugal, seorang penonton menerobos ke lapangan hanya demi memberikan gestur hormat kepada Ronaldo.

Gol pertama megabintang Juventus itu dicetaknya saat laga baru berjalan 7 menit lewat titik putih, bola umpan silang Joao Felix mengenai tangan bek Saulius Mikoliunas.

Lithuania yang lebih banyak di bawah tekanan sempat membuat publik tuan rumah bersorak saat menyamakan kedudukan pada menit ke-28 lewat tandukan bek Vytautas Andriuskevicius yang diawali dari sepak pojok.

Gelombang tekanan Portugal yang kembali datang berhasil diatasi Lithuania demi memaksa skor 1 - 1 bertahan hingga turun minum.

Namun, harapan mereka mencuri satu poin dari Portugal buyar karena sentuhan magis Ronaldo yang mencetak tiga gol dalam kurun 15 menit saja.

Ronaldo kembali membawa Portugal memimpin pada menit ke-61 lewat tembakan spekulasi jarak jauh yang sempat diantisipasi oleh kiper Ernestas Stekus, namun bola tak dipegang sempurna dan kemudian memantul ke dalam gawang melewati kepalanya.

Empat menit berselang Ronaldo berada dalam posisi yang tepat untuk menyontek umpan silang terukur kiriman Bernardo Silva untuk memperbesar keunggulan Portugal 3 - 1.

Pada menit ke-76, Ronaldo lagi-lagi mengakhiri aksi Silva yang kemudian menyodorkan umpan matang untuk melengkapi empat golnya sebelum tiga menit kemudian ia meninggalkan lapangan digantikan Goncalo Guedes.

Meski tanpa Ronaldo di lapangan, daya gedor Portugal tak mengendur dan 2 menit memasuki injury time William Carlvaho melengkapi kemenangan tim tamu menjadi 5 - 1 usai memenangi situasi kemelut di depan gawang Lithuania.

Meski menang telak, Portugal masih mengisi setrip kedua klasemen sementara Grup B dengan nilai 8, tertinggal 5 angka dari Ukraina di posisi teratas dan mendapat giliran tidak bertanding pada Rabu dini hari ini.

Dalam pertandingan lain di Grup B, Serbia berhasil mengatasi tuan rumah Luksemburg dengan skor 3 - 1 di Stadion Josy Barthel.

Kemenangan itu membuat Serbia mengoleksi nilai 7 dan menghuni peringkat ketiga. Posisi keempat diisi Luksemburg dengan nilai 4, sedangkan Lithuania (1) terbenam di dasar klasemen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

MotoGP Portugal 2024: Bagnaia Buka Suara Terkait Insidennya dengan Marc Marquez

Olahraga
| Senin, 25 Maret 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement