Kualifikasi Euro 2020, Turki & Prancis Bersaing Ketat

Para pemain Prancis setelah Kingsley Coman menjebol gawang Andorra. - ESPN
11 September 2019 08:02 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Prancis dan Turki terus bersaing ketat memuncaki klasemen sementara Grup H setelah sama-sama berhasil memetik kemenangan telak dalam matchday keenam kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2020.

Prancis, juara dunia, menekuk tamunya Andorra dengan skor 3 - 0 di Stade de France di Paris pada Rabu (11/9/2019) dini hari WIB. Ketiga gol Les Bleus dikontribusi Kingsley Coman (18’), Clement Lenglet (52’), dan Wissam Ben Yedder pada injury time babak kedua.

Sebenarnya Prancis memiliki bsatu kesempatan emas untuk menambah gol, tapi eksekusi penalti Antoine Grioezmann gagal membuahkan gol lantaran dimentahkan kiper Andorra Josep Gomes.

Sementara itu, Turki menghantam tuan rumah Moldova dengan skor 4 - 0 di Stadion Zimbru di Chisinau. Empat gol tamu dilesakkan Cenk Tosun (37’ dan 79’), Deniz Turuc (57’), serta Yusuf Yazici (88’).

Dengan hasil dua laga itu, Turki dan Prancis sama-sama mengoleksi nilai 15. Prancis unggul selisih gol 15 berbanding 12, tapi Turki berhak mengisi pucuk klasemen karena hasil head to head Turki menang 3 - 0.

Satu laga lain pada matchday keenam ialah Islandia menundukkan tuan rumah Albania 4 - 2 di Elbasan, hasil yang menempatkan Islandia di setrip ketiga dengan koleksi 12 angka, sedangkan Albania satu slot di bawahnya dengan nilai 9. Dua posisi terbawah dihuni Moldova (3) dan Andorra (0).

Terdapat 55 tim yang berebut 24 tiket ke putaran final Euro 2020, yang digelar di 12 negara, format yang baru diterapkan mulai edisi tahun depan.

Ke-55 tim itu terbagi dalam 10 grup. Juara dan runner up setiap grup lolos ke putaran final, sedangkan empat lainnya ditentukan melalui playoff.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, peserta playoff bukan ditetapkan berdasarkan hasil klasemen akhir kualifikasi, melainkan mengacu pada raihan mereka di Nations League musim 2018 - 2019.

Juara bertahan Euro adalah Portugal. Dalam pertandingan final Euro 2016 di Prancis, Portugal menundukkan tuan rumah dengan skor tipis 1 - 0 melalui perpanjangan waktu.

.

Sumber : Bisnis Indonesia