Advertisement

Kualifikasi Euro 2020: Jerman, Belanda, & Belgia Menang

M. Syahran W. Lubis
Selasa, 10 September 2019 - 14:42 WIB
Budi Cahyana
Kualifikasi Euro 2020: Jerman, Belanda, & Belgia Menang Romelu Lukaku - Reuters/Francois Lenoir

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Jerman, Belanda, dan Belgia, memanangi lanjutan kualifikasi Euro 2020, Selasa (10/9/2019).

Bermain di Grup C di Belfast, Jerman menundukkan tuan rumah Irlandia Utara dengan skor 2-0 lewat gol-gol Marcel Halstenberg (48’) dan Serge Gnabry ketika pertandingan telah memasuki injury time.

Advertisement

Dalam pertandingan lain di Grup C di Talinn, Belanda pesta empat gol tanpa balas ke gawang tuan rumah Estonia. Ryan Babel membuka dua gol awal pada menit 17 dan 47, disusul dua lagi oleh Memphis Depay (76’) dan Georginio Wijnaldum (87’).

Hasil dua laga itu menempatkan Jerman menggeser Irlandia Utara dari pucuk klasemen. Kedua tim sama-sama mendulang nilai 12 dengan Jerman unggul baik head to head maupun selisih gol.

Belanda mengisi slot ketiga sementara Grup C dengan nilai sembilan, diikuti Belarusia tiga dan Estonia 0.

Di Grup I di Glasgow, Belgia menggasak tuan rumah Skotlandia juga empat gol tanpa balas.

Tamu telah unggul tiga gol saat rehat melalui Romelu Lukaku (9’), Thomas Vermaelen (24’), dan Toby Alderweireld (32’). Di babak kedua satu gol tambahan Belgia dilesakkan Kevin de Bruyne (82’).

Di laga lain di Grup I, Rusia menundukkan Kazakhstan dengan skor tipis 1 - 0 dan Siprus menggasak tuan rumah San Marino 4 - 0.

Dengan hasil tiga laga terakhir ini, Belgia tetap memimpin klasemen dengan nilai 18, dibayangi Rusia 15, diikuti Siprus 7, Kazakstan 7, Skotlandia 6, dan San Marino 0.

Di Grup G, tuan rumah Polandia dipaksa imbang 0 - 0 oleh tamunya Austria, sementara Slovenia menggebuk Israel 3 - 2 dan Masedonia Utara menang 2 - 0 di Latvia.

Hasi-hasil tersebut belum menggoyahkan Polandia memimpin klasemen dengan nilai 13, tapi kian didekati Slovenia dengan koleksi 11 angka. Austria di posisi ketiga 10, serta Israel Masedonia Utara masing-masing 8.

Terdapat 55 tim yang berebut 24 tiket ke putaran final Euro 2020, yang digelar di 12 negara, format yang baru diterapkan mulai edisi tahun depan.

Ke-55 tim itu terbagi dalam 10 grup. Juara dan runner up setiap grup lolos ke putaran final, sedangkan empat lainnya ditentukan melalui playoff.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, peserta play off bukan ditetapkan berdasarkan hasil klasemen akhir kualifikasi, melainkan mengacu pada raihan mereka di UEFA Nations League musim 2018 - 2019.

Juara bertahan Euro adalah Portugal. Dalam pertandingan final Euro 2016 di Prancis, Portugal menundukkan tuan rumah dengan skor tipis 1 - 0 melalui perpanjangan waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jogja Tuan Rumah Superchallenge Supermoto 2024, Catat Tanggalnya

Olahraga
| Sabtu, 20 April 2024, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement