Absen Bela PSS Sekitar 6 Pekan, Ini Kekecewaan Brian Ferreira

Brian Ferreira - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi
09 September 2019 16:12 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Gelandang serang PSS Sleman Brian Ferreira kecewa berat karena harus melewatkan banyak pertandingan selama sebulan akibat cedera paha.

“Saya selalu ingin bermain. Tetapi kondisinya sangat buruk. Dalam beberapa hari ke depan saya harus beristirahat total dan fokus pada penyembuhan,” ucap Brian, Senin (9/9/2019).

Dokter tim PSS Sleman Hernawan Koco Sungkono memperkirakan otot paha Brian tertarik sehingga gelandang Argentina tersebut kemungkinan harus absen selama enam pekan. Brian bisa sembuh lebih cepat, atau malah lebih lama, tergantung pemulihannya.

“Pekan depan masih istirahat total. Setelah itu baru latihan penguatan sambil kami evaluasi. Harapannya segera pulih,” kata Hernawan.

Brian bersama Yevhen Bokhashvili adalah nyawa utama serangan PSS musim ini. Keduanya menyumbang 70,8%  (17 dari 24) gol Super Elang Jawa di paruh pertama kompetisi. Yevhen mencetak sembilan gol, sedangkan Brian delapan gol. Sementara Yevhen unggul dalam produktivitas, Brian menang dalam kreativitas. Gelandang berpaspor Argentina ini memasok empat asis, terbanyak di antara semua pemain PSS, di putaran pertama. Brian juga membuat rata-rata 2,4 operan kunci per laga. Tak ada pemain PSS yang bisa menciptakan peluang setinggi Brian di PSS.

Menurut Pelatih PSS Seto Nurdiyantoro Brian mendapat cedera saat pertandingan terakhir sebelum paruh musim melawan Persib. Dia pun mulai absen mengikuti latihan yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Rabu (4/9/2019).

Dalam enam pekan ke depan, PSS akan melakoni delapan laga, yakni melawan Semen Padang (13 September), Persipura Jayapura (19 September), Arema FC (24 September), Madura United (29 September), Bhayangkara FC (4 Oktober), Kalteng Putra (18 Oktober), Persija Jakarta (24 Oktober), dan Persebaya (29 Oktober). Jika sembuh sesuai jadwal, Brian kemungkinan bisa membela PSS saat melawat ke kandang Persebaya.

“Dia memang cukup menonjol dan menjadi pembeda. Kehilangan dia akan menjadi satu kerugian bagi kami. Harapannya, dia segera pulih dan bergabung dengan tim,” kata Seto.

PSS kemungkinan juga tidak bisa memainkan Irkham Zahrul Mila dan Sidik Saimima yang masuk dalam daftar 40 pemain Indonesia U-23 yang disetorkan ke panitia SEA Games 2019. PSS tinggal memiliki Ricky Kambuaya untuk mengisi pos yang ditinggalkan Brian dan Sidik.