Kualifikasi Euro 2020: Spanyol & Italia Tak Tergoyahkan

Penyerang Timnas Italia Ciro Immobile. - Reuters/Alberto Lingria
09 September 2019 06:17 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Spanyol dan Italia meraih tiga poin dalam lanjutan Kualifikasi Euro 2020.

Bermain di Gijon pada Senin (9/9/2019) dini hari WIB, tuan rumah Spanyol melumat Kepulauan Faroe empat gol tanpa balas dengan Rodrigo Moreno dan  Paco Alcacer masing-masing mencetak dua gol.

Dalam pertandingan Grup F itu, Rodrigo membuka keunggulan tuan rumah pada menit ke-15 dan skor 1 - 0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, saat memasuki menit ke-5, dia berhasil menggandakan keunggulan timnya menjadi 2 - 0.

Sementara itu, Alcacer masuk pada menit ke-61 menggantikan Mikel Oyarzabal dan melesakkan dua gol dalam rentang waktu tiga menit pada menit ke-89 dan ketika injury time berjalan dua menit.

Hasil pertandingan Grup F lainnya, Rumania mengatasi Malta 1 - 0, sedangkan Swedia imbang 1 - 1 kala menjamu Norwegia dalam derby Skandinavia.

Dengan hasil tiga laga itu, Spanyol mantap teratas di klasemen sementara dengan koleksi 18 angka, jauh di atas Swedia di slot kedua dengan nilai 11, diikuti Rumania 10, Norwegia 9, Malta 3, dan Kepulauan Faroe di dasar klasemen tanpa nilai karena selalu kalah di enam pertandingan.

Sementara itu, Italia menundukkan tuan rumah Finlandia di Tampere dengan skor tipis 2 - 1. Seluruh gol dalam pertan dingan Grup J ini terjadi pada 45 menit babak kedua.

Ciro Immobile membuka keunggulan tamu saat laga berjalan 1 jam. Dua gol berikutnya dihasilkan dari penalti. Teemu Pukki membuat skor 1 - 1 dari eksekusi titik putih pada menit 72 dan Italia memulihkan kemenangan menjadi 2 - 1 lewat eksekusi 12 pas Jorginho tujuh menit berselang.

Hasil dua laga lain di Grup J, Armenia menaklukkan Bosnia-Herzegovina 4 - 2, sedangkan Yunani seri 1 - 1 melawan Liectenstein.

Dengan hasil tiga laga itu, Italia mantap teratas klasemen sementara demngan nilai 18, diikuti Finlandia 12, Armenia 9, Bosnia 7, Yunani 5, dan Liechtenstein 1.

Di Grup D, Swiss mencatat kemenangan telak 4 - 0 atas Gibraltar, sedangkan Georgia seri 0 - 0 ketika menjamu Denmark.

Hasil dua pertandingan itu, terutama Denmark yang ditahan imbang Georgia, membuat Republik Irlandia, yang sedang tidak bermain karena grup ini hanya dihuni lima tim, tetap di posisi teratas dengan nilai 11, diikuti Denmark 9, Swiss 8, Georgia 4, dan Gibraltar 0.

Terdapat 55 tim yang berebut 24 tiket ke putaran final Euro 2020, yang digelar di 12 negara, format yang baru diterapkan mulai edisi tahun depan.

Ke-55 tim itu terbagi dalam 10 grup. Juara dan runner up setiap grup lolos ke putaran final, sedangkan empat lainnya ditentukan melalui playoff.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, peserta playoff bukan ditetapkan berdasarkan hasil klasemen akhir kualifikasi, melainkan mengacu pada raihan mereka di Nations League musim 2018 - 2019.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonsia