Dipermalukan Belanda, Jerman Diminta Lekas Bangkit

Joachim Loew - Reuters
08 September 2019 18:37 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com JAKARTA - Jerman baru saja dipermalukan Belanda 2-4 pada lanjutan Kualifikasi Euro 2020 di Hamburg, Sabtu (7/9/2019) dini hari WIB. Joachim Low menuntut skuat mudanya tak terpengaruh kekalahan itu. Sikap mental yang tepat dibutuhkan Jerman yang akan menghadapi pemimpin klasemen Grup C Irlandia Utara di Belfast, Irlandia Utara, Selasa (19/9/2019) dini hari WIB nanti.

Irlandia Utara belum kehilangan satu poin pun dari empat pertandingannya sejauh ini. "Kami harus menang, kami harus mendekati pertandingan itu dengan sebuah cara bahwa kami meninggalkan lapangan sebagai pemenang," kata Low, seperti dikutip AFP.

Jerman baru berusaha bangkit setelah menjalani periode kelam sejak kegagalan di Piala DUnia 2018. Tersingkir dari fase grup Piala Dunia di Rusia tahun lalu telah memicu perombakan besar tim, dan setelah tiga kemenangan berturut-turut pada 2019, tim baru racikan Low dalam keyakinan tinggi menjelang pertandingan Sabtu dini hari WIB melawan Belanda.

Kemenangan atas Belanda akan mengerek Jerman ke posisi kedua dengan sembilan poin bersih di atas seteru beratnya itu, dan akan membuat Jerman di ambang lolos otomatis ke putaran final Euro 2020.

Namun, mereka kalah 2-4. Jerman unggul lebih dahulu lewat Serge Gnabry di menit kesembilan. Namun, Belanda bisa membalikkan keadaan berkat gol Frenkie de Jong di menit ke-59 dan gol bunuh diri Jonathanj Tah di menit ke-66. Toni Kroos membawa Jerman menyamakan kedudukan lewat sepakan penalti di menit ke-73, tetapi Belanda kembali memimpin setelah Donyell Malen melesakkan gol di menit ke-79 dan Georginio Wijnaldum menambah keunggulan di menit ke-91.

Low dikritik karena memainkan pola tiga bek dan membiarkan timnya bermain terlalu dalam saat melawan Belanda. Dia berencana mengubah taktik saat melawan Irlandia Utara.

"Irlandia Utara luar biasa kuat, mereka banyak memainkan bola-bola panjang. Mereka akan bermain lebih dalam dan kami tidak akan punya banyak ruang, jadi kami harus memikirkan sesuatu secara taktis," kata dia.

Kapten Jerman Manuel Neuer mengingatkan timnya untuk tidak berpuas diri menjelang tandang ke Belfast.

"Kita tahu apa pun bisa terjadi dalam sepak bola, kami mengalami sendiri hal itu pada 2018, jadi sangat penting bagi kami untuk menganggap serius pertandingan ini," kata dia kepada Bild.

"Kami tidak dalam kondisi ideal dalam pertandingan tandang di Belfast saat ini. Irlandia Utara sudah memenangi semua pertandingan sejauh ini dan akan selalu sulit menciptakan gol saat menghadapi lawan seperti itu."

Sumber : Antara