Kualifikasi Euro 2020: Kosovo Bikin Kejutan

Ujung tombak Kosovo Vedat Muriqi (kiri) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Republik Cheska dalam pertandingan Grup A Kualifikasi Euro 2020 di Stadion Fadil Vokrri, Pristina, Sabtu (7/9/2019). - Reuters/Florian Goga
08 September 2019 16:42 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Kosovo membuat kejutan dengan menaklukkan tamunya Republik Cheska dengan skor tipis 2 - 1 pada Grup A Kualifikasi Euro 2020. Kosovo, yang baru bergabung dengan UEFA pada 2015 dan baru kali ini ikut Kualifikasi Euro, kini memuncaki klasemen sementara.

Dalam pertandingan di Stadion Fadil Vokrri, Pristina, pada Sabtu (7/9/2019) malam WIB, dua gol kemenangan Kosovo dicetak oleh Vedat Muriqi dan Mergim Vojvoda, setelah Cheska unggul terlebih dahulu melalui gol Patrik Schick.

Hasil itu membuat Kosovo bercokol di puncak klasemen Grup A dengan koleksi 8 poin buah dari dua kemenangan dua kali imbang dalam empat pertandingan.

Bukan saja duduk di puncak klasemen, kemenangan ini sekaligus memperpanjang catatan tidak terkalahkan Kosovo menjadi 15 pertandingan. Terakhir kali Kosovo menelan kekalahan adalah pada Oktober 2017 saat takluk 0 - 2 dari Islandia.

Bagi Cheska, hasil ini menempatkan mereka di peringkat ketiga klasemen dengan koleksi 6 poin. Cheska telah memainkan empat pertandingan dengan dua kemenangan dan dua kekalahan.

Berstatus tim tamu, Cheska justru mampu membuka keunggulan saat laga baru berlangsung 16 menit. Tembakan kaki kiri Schick meneruskan operan Jakub Jankto sukses menembus gawang tuan rumah.

Kosovo hanya memerlukan waktu empat menit untuk menyamakan kedudukan. Muriqi membuat kedudukan kembali imbang melalui tembakan kaki kanannya dari tengah kotak penalti.

Gol penentu kemenangan baru tercipta pada babak kedua, tepatnya menit ke-66. Bermula dari sepak pojok, Vojvoda melepaskan tembakan kaki kiri meneruskan bola sodoran Valon Berisha yang berbuah gol. Keunggulan 2 - 1 bertahan sampai peluit panjang berbunyi.

Sumber : Antara