Madrid Ditahan Seri Villareal, Bale Jadi Bintang Sekaligus Pesakitan

Gareth Bale - Reuters/Juan Medina
02 September 2019 15:52 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Gareth Bale menjadi bintang sekaligus pesakitan pada laga pekan ketiga La Liga Spanyol. Penyerang yang sebenarnya tak lagi diinginkan Zinedine Zidane itu menyelamatkan Real Madrid dari kekalahan di kandang Villareal, Stadion de la Ceramica, Villarreal, Spanyol, Senin (2/9/2019) dini hari WIB. Bale mengemas dua gol sehingga laga berakhir 2-2. Namun, Bale kemudian diusir di pengujung laga gara-gara pelanggaran yang tak perlu-perlu amat.

Villarreal dua kali unggul lewat Gerard Moreno dan Moi Gomez, tetapi dua kali pula Bale membawa Madrid menyamakan kedudukan, termasuk golnya empat menit jelang waktu normal berakhir. Hasil tersebut membuat Madrid turun ke urutan kelima klasemen sementara karena hanya punya lima poin, demikian juga Villarreal (2) yang kini ada di peringkat ke-16.

Villarreal lebih dulu membuka keunggulan lewat sebuah serangan balik pada menit ke-12. Karl Toko Ekambi melepaskan tendangan yang membentur barisan pertahanan Madrid, kemudian bola jatuh ke ruang tembak Moreno yang dengan dingin menyambarnya untuk menaklukkan kiper Thibaut Courtois.

Madrid berusaha keras untuk menyamakan kedudukan namun peluang yang diperoleh pada menit ke-45 lewat Karim Benzema hanya membentur tiang gawang.

Satu menit kemudian, dalam masa injury time, Bale berhasil membuat kedua tim turun minum dengan skor imbang 1-1, setelah ia melakukan serangan yang dibangun Dani Carvajal dan Luka Jovic.

Villarreal kembali unggul pada menit ke-74. Carlos Bacca, yang baru masuk menggantikan Santi Cazorla, melepaskan tembakan yang membentur barisan pertahanan tim tamu, tetapi bola jatuh ke Javi Ontiverros dan ia meneruskannya untuk disontek oleh Gomez demi menjebol gawang Courtois.

Empat menit sebelum waktu normal berakhir, Bale berlari kencang untuk mengejar umpan dari Modric sebelum melakukan satu gerakan tipuan dan melepaskan tembakan keras yang tak mampu dihalau Fernandez. Skor imbang 2-2.

Sayangnya, Bale seolah mencoreng statusnya dari pahlawan menjadi pecundang lagi, ketika ia melakukan dua pelanggaran beruntun pada masa injury time yang keduanya berbuah kartu kuning dan ia diusir dari lapangan sebelum laga berakhir dengan hasil tetap imbang 2-2. Ironisnya dua pelanggaran yang dibuat Bale sebenarnya tak perlu karena terjadi di area pertahanan Villareal.

Bale sebenarnya mulai mendapat tempat penting, apalagi Madrid belum bisa memainkan Eden Hazard yang masih cedera. Di awal musim, Zidane terang-terangan menyebut Bale akan meninggalkan Madrid dan manajamen klub tinggal menunggu tawaran yang pas. Bale kemudian nyaris pindah ke klub China Jiangsu Suning, tetapi kemudian batal.

"Dinamikan yang terjadi membawa perubahan. Awalnya Bale nyaris pergi tetapi dia masih di sini bersama kami. Mulai sekarang, saya akan mengandalkan Bale. Saya akan mengandalkan semua pemain yang saya miliki saat ini," ujar Zidane sebagaimana dikutip Talk Sport.