Kalahkan Kalteng Putra, Madura United Dekati Tira-Kabo

Peman Madura United Diego Assis (kiri) mencoba menerobos pertahanan Kalteng Putra. - Antara/Saiful Bahri
02 September 2019 04:57 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, PAMEKASAN – Madura United FC menaklukkan Kalteng Putra dengan skor tipis 2 - 1 dalam pertandingan pekan ke-17 Liga 1 2019 di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan, Jawa Timur, Minggu (1/9/2019) malam. Hasil ini membawa Madura memepet PS Tira-Persikabo di papan klasemen sementara.

Dua gol tim berjuluk Laskar Sape Kerrap dicetak oleh Slamet Nurcahyo, sedangkan gol tunggal Kalteng Putra disumbang I Gede Sukadana Pratama.

Sejak babak pertama, kedua tim sama-sama menerapkan pola permainan menyerang, baik tim tuan rumah maupun tim tamu.

Bahkan di menit-menit awal, Kalteng Putra mampu menekan dan mengendalikan permainan para pemain Laskar Sape Kerrap kendatipun sesekali Madura United bisa melakukan serangan balik.

Madura bahkan sering kehilangan bola dan salah sasaran, saat melakukan serangan balik ke jantung pertahanan Kalteng Putra.

Pola serangan melalui sayap kanan dan kiri yang biasa dilakukan oleh Madura United mudah terbaca oleh tim lawan, sehingga serangan balik klub ini selalu berhasil dipatahkan oleh para pemain belakang Kalteng Putra.

Pada babak kedua, Madura terlihat lebih menguasai keadaan setelah pelatih careker Rasiman memasukkan Slamet Nurcahyo menggantikan Alfath Fatiier.

Masuknya pemain bernomor punggung 10 ini mampu membuat permainan lebih hidup, sehingga pada menit ke-73 Slamet berhasil mencetak gol.

Gol ini merupakan gol penyeimbang, karena pada menit ke-67 gawang Laskar Sape Kerrap kebobolan oleh tendangan I Gede Sukadana Pratama.

Berselang 4 menit, yakni pada menit ke-76 Slamet Nurcahyo kembali berhasil mencetak gol, dan skor berubah menjadi 2 - 1 hingga babak kedua berakhir.

Pada laga ini, Madura tidak diperkuat empat pemain pilarnya, yakni Andik Vermansah, Zulfiandi, dan Alberto Goncalves karena bergabung dengan timnas.

Satu pemain lagi, yakni Jaimerson Xavier tidak bisa diterjunkan saat menghadapi Kalteng Putra, karena sedang menjalani sanksi larangan bermain dari Komdis PSSI.

Dengan hasil ini, Madura United memang masih berada di peringkat ketiga klasemen sementara Liga 1, tetapi perolehan nilainya semakin mendekati PS Tira Persikabo yang mengisi slot kedua dan ditahan imbang 2 - 2 oleh Borneo FC dalam pertandingan pekan ke-17 ini.

Madura United saat ini mengoleksi nilai 30, hanya terpaut 3 angka di belakang PS Tira Persikabo. Sedangkan pucuk klasemen diisi Bali United dengan nilai 40 dan memiliki satu laga tunda yakni melawan tuan rumah Persipura Jayapura.

Laga tersebut sedianya digelar pada matchday ke-17 ini di Stadion Mandala di Kota Kayapura, tetapi terpaksa ditunda lantaran kondisi keamanan Papua belakangan yang kurang kondusif.

Sementara itu, bagi Kalteng Putra, kekalahan ini merupakan yang kesembilan sepanjang Liga 1 musim ini. Kalteng Putra kini mengisi posisi ke-12 dengan koleksi 17 angka.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia