Masih Berusia 16 Tahun, Ansu Fati Pecahkan Rekor Gol Barcelona

Peman berusia 16 tahun, Ansu Fati (kedua kanan), disambut rekan-rekannya setelah mencetak gol balasan FC barcelona ke gawang Osasuna. - Reuters/Vincent West
01 September 2019 03:17 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Ansufame Fati memecahkan rekor sebagai pencetak gol termuda Barcelona. Namun, golnya tak mampu menolong Barca dari hasil imbang di kandang Osasuna, Stadion El Sadar, Pamplona, Minggu (1/9/2019) dini hari WIB.

Barca ditahan imbang sahibulbait Osasuna 2-2 gara-gara tendangan penalti pada menit-menit akhir.

Penalti itu diberikan akibat pelanggaran yang dilakukan oleh Gerard Pique saat ia menghalau bola umpan silang Oier Sanjurou dengan tangannya.

Roberto Torres yang menjadi algojo dengan dingin mengecoh kiper Marc-Andre ter Stegen demi menghapuskan keunggulan yang susah payah diraih Barcelona.

Sang juara bertahan yang masih pincang tanpa Lionel Messi, Luis Suarez, dan Ousmanne Dembele karena cedera berada dalam situasi sulit saat gawang mereka kebobolan kala laga baru berjalan 7 menit.

Torres berdiri bebas tanpa kawalan di area tiang jauh untuk menyambut umpan silang Brandon dengan tembakan voli keras yang meninggalkan Ter Stegen mati langkah.

Keunggulan Osasuna bertahan hingga turun minum, memaksa Ernesto Valverde melakukan perubahan untuk babak kedua. Ansu Fati masuk menggantikan Nelson Semedo saat babak kedua dimulai.

Remaja kelahiran Guinea-Bissau itu hanya butuh 6 menit berada di atas lapangan untuk memberikan kontribusi positif bagi Barcelona saat ia melompat di hadapan Nacho Vidal untuk menyundul bola umpan silang kiriman Carles Perez dan menyamakan kedudukan 1 - 1.

Fati memecahkan rekor. Dalam usia 16 tahun 304 hari, ia menjadi pemain termuda yang mencetak gol untuk Barca di laga resmi. Fati menjadi pemain termuda ketiga yang mencetak gol di La Liga setelah Fabrice Olinga (16 tahun 98 hari) dan Iker Muniain (16 tahun 289 hari).

Berselang dua menit selepas gol tersebut, Valverde kembali melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Arthur Melo untuk Rafinha. Keputusan itu terbukti efektif sebab Arthur kemudian mencetak gol kedua Barcelona pada menit ke-64.

Arthur menerima umpan kiriman Perez di tengah kerumunan para pemain Osasuna namun tetap tenang untuk kemudian menciptakan ruang dan melepaskan tembakan melengkung yang tak mampu dijangkau kiper Ruben Martinez.

Sayangnya, keunggulan yang susah payah diraih Barcelona itu harus terbuang sia-sia ketika Pique melakukan handball. Torres mencetak gol lewat titik putih dan laga berakhir dengan skor imbang 2 - 2.

Hasil pertandingan pekan ketiga La Liga Spanyol hingga Minggu (1/9/2019) dini hari WIB:

Sevilla 1 vs Celta Vigo 1; Athletic Bilbao 2 vs Real Sociedad 0; Osasuna 2 vs Barcelona 2; Getafe 1 vs Deportivo Alaves 1;  Levante 2 vs Real Valladolid 0.