Hasil Pekan Perdana Serie A Liga Italia 2019-2020

Para pemain Juventus merayakan kemenangan atas Parma di laga perdana Serie A 2019-2020. - Reuters/Alberto Lingria
25 Agustus 2019 16:17 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Juventus memenangi laga perdana Serie A 2019 - 2020 berkat gol tunggal sang kapten Giorgio Chiellini. Laga pembuka Serie A tersebut digelar di Ernio Tardini dan berakhir pada Minggu (25/8/2019) dini hari WIB.

Dalam pertandingan itu Bianconeri mampu tampil dominan dengan penguasaan bola sebesar 61 persen.

Juventus total melepas 10 tembakan dengan empat tepat sasaran, sedangkan Parma hanya membuat empat tembakan, tiga di antaranya tepat sasaran.

Meski begitu, La Vecchia Signora alias Si Nynya Tua, julukan Juventus, hanya mampu mencetak satu gol yang diciptakan oleh Giorgio Chiellini di menit ke-21

Juventus sejak awal sudah menurunkan trio Cristiano Ronaldo, Gonzalo Higuain, dan Douglas Costa di lini depan. Ronaldo sudah memberikan ancaman bagi tim lawan pada menit ke-12.

Menerima umpan silang Sami Khedira, Ronaldo memenangi duel udara di kotak penalti dengan Vincent Laurini, tetapi tandukannya dari masih melambung dari gawang Luigi Sepe.

Satu menit berselang, Parma mampu membalas serangan saat sodoran bola Gervinho dari sisi kiri diterima Roberto Inglese sebelum ia melepas sepakan yang masih mampu ditepis Wojciech Szczesny.

Si Nyonya Tua sukses membuka keunggulan pada menit ke-21 ketika sepak pojok Douglas Cousta yang ditinju Sepe keluar kotak penalti.

Bola liar kemudian disambar oleh Alex Sandro dan mengarah ke Chiellini yang langsung menyontek bola ke gawang yang tidak dijaga Sepe karena sudah meninggalkan posisinya.

Unggul 1 - 0 membuat Juventus semakin nyaman dalam penguasaan bola. Mereka kembali berhasil membobol jala tuan rumah pada menit ke-34.

Namun, gol Ronaldo itu dianulir wasit Fabhio Maresca setelah meninjau video asisten wasit (VAR) karena pemain 34 tahun ini telah lebih dahulu berada dalam posisi offside. Skor 1 - 0 untuk keunggulan Juventus bertahan hingga jeda.

Pada 15 menit awal babak kedua, Parma bermain lebih agresif untuk memutuskan penguasaan bola Juventus. Upaya Parma membuahkan hasil dan mampu mengganggu alur serangan Juventus sehingga mereka kesulitan menciptakan peluang.

Kesulitan menembus pertahana Parma, Ronaldo berinisiatif dengan melepaskan sepakan jarak jauh pada menit ke-65. Namun, upaya pemain asal Portugal ini masih bisa diantisipasi Sepe.

Pada menit ke-72, kiper 28 tahun tersebut kembali menggagalkan usaha Ronaldo dengan menangkap tembakan mendatar mantan penyerang Real Madrid itu dari dalam kotak penalti.

Skor 1 - 0 untuk kemenangan Juventus bertahan hingga akhir laga. Hasil ini menjadi awal yang baik bagi Juventus dalam mengarungi musim 2019 – 2020, sedangkan Parma harus kekalahan di kandang, yang membuat mereka berada di dasar klasemen.

Drama Napoli

Sementara, Napoli memenangi drama tujuh gol kontra Fiorentina dan sukses menundukkan tuan rumah dengan skor tipis 4 - 3 dalam laga pekan pembuka Serie A Italia di Stadion Artemio Franchi di Firenze pada Minggu (25/8/2019) dini hari WIB.

Kemenangan itu membuat Napoli mengawali musim 2019 - 2020 dengan mengantongi 3 poin penuh, sebaliknya Fiorentina meski kalah, mampu memberikan penampilan menjanjikan di bawah arahan pelatih kepala Vincenzo Montella.

Fiorentina membuka keunggulan saat laga baru berlangsung 9 menit lewat eksekusi penalti Erick Pulgar, setelah Piotr Zielinski divonis menyentuh bola dengan tangan di area terlarang.

Napoli baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-38 melalui tendangan jarak jauh Dries Mertens, yang kemudian disusul hadiah tendangan penalti dari wasit Davide Massa 2 menit berselang lantaran Mertens dilanggar Gaetano Castrovilli.

Kesempatan itu dimanfaatkan dengan baik oleh Lorenzo Insigne yang menyarangkan bola ke gawang dari titik putih dan membawa Napoli berbalik unggul 1 - 2 atas Fiorentina.

Memasuki babak kedua, berjalan 6 menit, Fiorentina sukses menyamakan kedudukan lewat sundulan kepala Nikola Milenkovic menyambut sepak pojok yang dilepaskan Pulgar.

Namun, Napoli kembali merestorasi keunggulan mereka pada menit ke-55 saat umpan kiriman Insigne berhasil diselesaikan oleh Jose Maria Callejon dengan sepakan kaki kanan.

Montella memasukkan pemain barunya, Kevin-Prince Boateng, pada menit ke-60 untuk mengejar ketertinggalan dan hanya 4 menit setelah merumput, pemain berpaspor Ghana itu sukses mencetak gol ke gawang Napoli.

Sayangnya, kedudukan imbang kembali hanya bertahan sejenak, sebab pada menit ke-66 Insigne sukses mencetak gol keduanya dengan tandukan jarak dekat menyambut umpan silang Callejon.

Napoli sukses mempertahankan skor 4 - 3 hingga peluit tanda laga usai berbunyi di Artemio Franchi.

Kemenangan ini jadi modal penting bagi Napoli yang akan bertamu ke markas juara bertahan Juventus untuk pekan kedua, sedangkan Fiorentina bakal memburu kemenangan perdana mereka saat menjalani laga tandang melawang Genoa.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia