Cristiano Ronaldo Pertimbangkan Pensiun Tahun Depan

Cristiano Ronaldo - Reuters/Alberto Lingria
21 Agustus 2019 19:47 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Cristiano Ronaldo mempertimbangkan gantung sepatu pada tahun depan karena merasa sudah kaya dan merengkuh banyak hal di karier profesionalnya sebagai pemain bola.

“Saya tidak butuh sepak bola lagi untuk hidup mapan. Secara finansial saya sudah aman. Apa yang saya butuhkan saat ini adalah proyek yang atraktif dan Juventus memberinya pilihan itu. Saya menyukai tim ini dan saya rasa Juventus adalah tim terbaik Italia dan salah satu yang paling bagus di dunia,” ucap Ronaldo kepada TVI seperti dikutip Football Italia, Rabu (21/8/2019).

Ronaldo baru saja membantu Real Madrid memenangi tiga gelar Liga Champions secara beruntun ketika dia memutuskan hijrah ke Juventus. CR7 merasa terlalu nyaman di Spanyol dan butuh tantangan baru sehingga menyeberang ke Italia.

“Saya yakin tak ada pemain dengan rekor sebanyak saya. Sebenarnya sulit juga meninggalkan Madrid karena saya sudah ada di sana selama sembilan tahun, lebih dari separuh karier saya. Saya juga sudah 17 kali mengankat trofi dan itu menjadi seperti rutinitas. Anak saya, Cristianinho, sebenarnya yang paling berat meninggalkan Madrid karena dia punya banyak teman di sana. Dia memahami kemungkinan ayahnya meninggalkan Madrid. Dia bisa berbicara empat bahasa, jauh lebih mahir ketimbang saya, sehingga bisa beradaptasi dengan baik.”

Peraih Ballon d’Or lima kali ini juga mengungkapkan rencana masa depannya.

“Saya bisa saja gantung sepatu tahun depan, tetapi saya juga masih bisa bermain hingga usia 40 tahun. Saya tidak tahu apa yang akan terjadi, tetapi saya akan terus menikmati setiap momen,” kata penyerang berusia 34 tahun ini.

“Saya masih punya motivasi untuk memgembangkan diri di level individu maupun kolektif. Jika tidak punya motivasi lagi, saya akan pensiun. Sebenarnya tak sulit untuk berhenti bermain karena saya tak akan kehilangan apa pun. Apa yang menggerakkan saya sekarang adalah hasrat untuk bermain bola dan memenangi pertandingan. Kerja keras adalah segalanya. Lihat saja para peraih Nobel, mereka adalah pekerja keras. Saya juga suka berlajar dari atlet lain, seperti [sprinter Francis] Obikwelu. Saya senang meneladani contoh yang bagus.”

Rekan setim Ronaldo di Juventus, Sami Khedire, takjub dengan etos kerja pemain Portugal tersebut. Menurut dia, etos kerja itulah yang menjaga Ronaldo tetap di level tertinggi meski usianya kian menua.

“Ronaldo adalah contoh untuk semua atlet, seperti LeBron James di bola basker atau Tom Brady di American football. Atau Gianluigi Buffon. Ketika para remaja melihat Buffon berlatih keras selama 45 menit di usianya yang sudah 41 tahun, mereka akan memahami cintanya terhadap permainan ini dan akan berpikir, ‘Saya juga bisa melakukannya’,” ujar Khedira kepada Kicker.