Advertisement

Timnas China Daftarkan Pemain Brasil di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Newswire
Senin, 19 Agustus 2019 - 01:37 WIB
Budi Cahyana
Timnas China Daftarkan Pemain Brasil di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Elkeson de Oliveira Cardoso - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Striker kelahiran Brasil Elkeson de Oliveira Cardoso menjadi pemain pertama yang sama tidak punya asal usul China di Timnas Negeri Tirai Bambu. Elkeson masuk dalam skuat China di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia bulan depan.

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mengumumkan masuknya Elkeson dalam skuat China pada lamannya pada Minggu (18/8/2019), yang mengakhiri spekulasi beberapa pekan terakhir bahwa pemain berusia 30 tahun itu telah mendapatkan kewarganegaraan China dan menjadi salah satu anggota tim asuhan pelatih Marcello Lippi untuk kualifikasi putaran final Piala Dunia Qatar 2022.

Advertisement

Pihak berwenang China mengendurkan aturan guna memberi kesempatan kepada Lippi untuk mengantarkan negeri ini ke putaran final Piala Dunia pertamanya sejak 2002 yang menjadi satu-satunya keikutsertaan China pada sebuah Piala Dunia.

Gelandang kelahiran Inggris, Nico Yennaris, yang beribukan seorang China, menjadi pemain kelahiran asing pertama yang dipilih masuk skuat China ketika dia dimasukkan pada skuat Lippi untuk laga persahabatan melawan Filipina awal Juni lalu dengan bermain selama 55 menit di bawah nama Li Ke.

Pemilihan Elkeson menandai untuk pertama kalinya seorang pemain tanpa darah China mengalir dalam dirinya yang dimasukkan skuat Tirai Bambu setelah melewati karir menawan pada Liga Super China.

Penyerang ini bergabung dengan Guangzhou Evergrande pada 2013 dan gol-golnya telah mengantarkan klub ini menjadi juara Liga Champions Asia 2013 dan 2015, selain tiga kali secara beruntun menjuarai Liga Super China. Elkeson menjadi top skor liga musim 2013 dan 2014.

Dia pindah ke Shanghai SIPG menjelang musim 2016 dan menjadi bagian dari skuat SIPG yang menjuarai Liga Super China untuk pertama kalinya tahun lalu. Namun, bulan lalu dia kembali berlabuh di Guangzhou.

Masuknya Elkeson akan memberi Lippi tambahan kekuatan di barisan serang di tengah persiapan China menghadapi Suriah, Filipina, Maladewa, dan Guam di Grup A zona Asia pada putaran kedua kualifikasi putaran final Piala Dunia.

China mengawali kampanye dengan ditantang Maladewa di Male pada 10 September. Hanya juara grup yang boleh maju ke fase berikutnya ketika 12 negara pada dua grup bertanding untuk menentukan empat wakil Asia dalam Piala Dunia 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara/Reuters

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Kalahkan Ginting di Final All England Open 2024, Jonatan: Tak Disangka

Olahraga
| Senin, 18 Maret 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement