Jelang Derbi Mataram, Ini Catatan di Klasemen Sementara

ilustrasi sepak bola - Istimewa
12 Agustus 2019 21:02 WIB Galih Eko Kurniawan Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Derbi Mataram yang mengetengahkan laga tuan rumah Persis Solo melawan PSIM Jogja di Stadion Wilis, Madiun, Jawa Timur dibumbui sejumlah catatan di klasemen sementara Liga 2 2019 Wilayah Timur.

Pertemuan kedua tim yang menjadi musuh bebuyutan sejak dimulainya era perserikatan pada 1930-an itu rencananya ditayangkan langsung di TV One. Laga kedua tim dilangsungkan pada Jumat (16/8/2019) pukul 15.30 WIB.

Menjadi pertandingan penutup bagi kedua tim di putaran pertama Liga 2, kedua tim merupakan para penghuni papan atas klasemen sementara. Laskar Mataram, julukan PSIM, berada di urutan pertama dengan poin 18 sedangkan Laskar Sambernyawa, julukan Persis, di urutan ketiga dengan poin 16.

Di klasemen sementara, skuat Jogja lebih banyak meraih kemenangan dengan enam kali poin penuh sedangkan Persis menang empat kali. Untuk urusan imbang, Persis lebih banyak dengan catatan empat kali seri sedangkan PSIM belum pernah bermain imbang.

Untuk urusan kekalahan, PSIM lebih banyak menderita kekalahan dibandingkan skuat asal Solo. Laskar Mataram menderita empat kali kekalahan sedangkan Laskar Sambernyawa baru kalah sekali.

Di urusan mencetak gol, PSIM lebih banyak dengan 10 kali memasukkan gol ke gawang lawan. Di kubu tuan rumah, Persis mencetak tujuh gol selama sembilan kali pertandingan.

Untuk jumlah kebobolan, pertahanan Persis sedikit lebih baik karena baru kemasukan lima gol dari sembilan laga. PSIM yang juga menjalani sembilan laga sudah kemasukan enam gol.

Torehan mentereng dicatatkan skuat Persis dalam menghadapi Derbi Mataram karena dari lima laga terakhir, Laskar Sambernyawa belum pernah kalah. Catatannya, menang empat kali dan imbang sekali dengan torehan tiga kali kemenangan beruntun di tiga laga terakhir.

Di kubu tamu, PSIM menuai hasil empat kali menang dan sekali kalah. Sama dengan kubu tuan rumah, Laskar Mataram juga menang tiga kali beruntun dari tiga laga terakhir yang dijalani.

Untuk urusan peringkat, kemenangan bisa membawa Persis ke puncak klasemen dengan nilai 19 sedangkan kekalahan bisa berimbas turun peringkat apabila Mitra Kukar meraih dua kali kemenangan beruntun karena tim asal Kalimantan itu masih menyisakan dua laga terakhir.

Bagi PSIM, kemenangan bisa mengantarkan skuat asal Jogja itu menjaga posisi puncak klasemen sementara di akhir putaran pertama namun kekalahan bisa memaksa skuat asuhan Aji Santoso itu berada di urutan kedua di bawah Persis.