MU Vs Chelsea: Tim Boros Melawan Tim Pesakitan

Chelsea vs Manchester United - Reuters/John Sibley
11 Agustus 2019 17:47 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Manchester United (MU) dan Chelsea sangat berbeda jauh di bursa transfer musim panas kemarin. MU menggelontor dana 145 juta paun untuk berbelanja. Sebanyak 80 juta paun dihabiskan untuk menjadikan Harry Maguire sebagai bek termahal dunia. Dua pemain anyar lain yakni Aaron Wan-Bissaka dan Daniel James.

Sebaliknya, Chelsea yang terkena embargo transfer tak dapat leluasa bergerak di bursa transfer sehingga hanya dapat mempermanenkan Mateo Kovacic dari Real Madrid. Kovacic menyusul Christian Pulisic yang telah didatangkan Chelsea sebelum terkena FPP. Total The Blues hanya mengeluarkan 40 juta poundsterling di bursa transfer, tak sampai sepertiga dari duit yang dikeluarkan United.

Perjumpaan dalam laga perdana Liga Premier 2019/2020 di Old Trafford, Minggu (11/8/2019) malam WIB, tentu bakal mengundang sorotan terkait efektivitas belanja kedua tim, terutama United.

Dengan predikatnya sebagai bek termahal dunia plus pemain Inggris termahal sepanjang sejarah, Harry Maguire, akan menjadi sorotan utama dalam laga. Misi Maguire untuk mengamankan pertahanan tim barunya jelas tak mudah.

Meski baru saja kehilangan Eden Hazard, Chelsea masih memiliki Pedro, Olivier Giroud, Pulisic dan wonderkid, Mason Mount, yang bisa menjadi mimpi buruk Setan Merah.

Pelatih MU, Ole Gunnar Solskjaer, mengonfirmasi Maguire siap bermain untuk laga pembuka kontra Chelsea. Solskjaer mengatakan kondisi sang bek cukup prima karena sebelumnya telah menjalani laga pramusim bersama eks klub, Leicester City.

“Harry sangat mengesankanku. Dia lebih besar dan lebih tinggi dari yang kukira. Dia akan memberi dampak yang bagus bagi tim,” ujar Solskjaer dilansir manutd.com, Jumat (9/8/2019).

Di kubu Chelsea, Frank Lampard benar-benar harus memutar otak menyusul kepergian Gary Cahill dan David Luiz. Praktis jantung pertahanan kini hanya diisi pemain macam Andreas Christensen, Kurt Zouma, dan pemain muda, Fikayo Tomori. Beruntung lini serang MU juga tengah lesu menyusul kepergian Romelu Lukaku. Alexis Sanchez juga belum pulih dari cedera.

The Blues justru bisa mengejutkan jika melihat statistik mereka saat memulai musim pada hari Minggu. Pada hari itu, Chelsea mencatatkan delapan kemenangan dan tiga hasil imbang dalam 11 pertandingan.

“Ini akan sangat sulit, apalagi kami bermain tandang. Namun kami siap,” ujarnya.

Ini kali pertama United menyambut Chelsea di kandang sendiri untuk laga pembuka di liga sejak 1958/1959. Saat itu MU menang telak 5-2 berkat hat-trick Sir Bobby Charlton. 

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia