FIFA Tegur PSSI, Kongres Pemilihan Tetap Januari 2020

FIFA
11 Agustus 2019 13:02 WIB Galih Eko Kurniawan Sepakbola Share :

Harianjogja.com, ZURICH—Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) tak menyetujui keputusan Kongres Luar Biasa PSSI yang digelar di akhir Juli lalu. Keputusan itu soal percepatan Kongres Pemilihan yang sudah disahkan FIFA untuk digelar pada Januari 2020.

Dalam KLB PSSI yang digelar di Ancol, Jakarta, diputuskan kongres pemilihan ketua umum, wakil ketum dan anggota komite eksekutif kepengurusan 2020-2024 dipercepat menjadi 2 November 2019 dengan alasan merangkul usulan semua pemangku kepentingan, termasuk untuk menyelamatkan sepak bola Indonesia.

“Kami [FIFA] sangat merekomendasikan kepada PSSI untuk tetap sepakat dengan roadmap dan menahan agenda pemilihan sebagaimana direncanakan pada Januari 2020. Kecuali kami mendapatkan alasan yang valid dalam memajukan jadwal, yang tidak ada dalam surat yang dikirim PSSI,” tulis surat FIFA untuk PSSI yang ditandatangani Sekjen FIFA, Fatma Samoura.

Artinya, PSSI mesti mengikuti keputusan FIFA dalam menggelar kongres pemilihan karena FIFA lah yang mengesahkan kepengurusan PSSI di periode baru. Sejauh ini, PSSI belum memberikan respons terhadap surat dari FIFA tersebut.