Piala AFF U-15: Indonesia Raih Peringkat Ketiga, Bima Sakti Berterima Kasih

Bima Sakti - pssi.org
09 Agustus 2019 22:17 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, CHONBURI—Indonesia meraih peringkat ketiga Piala AFF U-15 2019 setelah menang adu penalti atas Vietnam di Chonburi Campus Stadium, Jumat (9/8/2019) sore WIB. Kedua tim bermain imbang tanpa gol di waktu normal.

Pelatih Timnas Indonesia U-15, Bima Sakti senang atas pencapaian anak-anak asuhannya di ajang kali ini. Bima juga mengapresiasi semangat juang yang ditunjukkan skuad Garuda Asia –julukan Timnas Indonesia U-15– sejak awal hingga akhir laga.

Bima juga menguvapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dan memberikan dukungan untuk timnya sehingga meraih posisi ketiga pada ajang Piala AFF U-15 kali ini.

“Alhamdulillah segala hasil yang kita dapatkan pada turnamen ini harus kita syukuri. Saya mengapresasi semangat anak-anak semua. Kami semua satu kesatuan, pemain, pelatih, para staf dan para suporter semua berandil dalam pencapaian tim di turnamen ini. Saya berterima kasih kepada semuanya,” ujar Bima Sakti kepada media, Jumat (9/8/2019).

“Saya juga sangat berterima kasih kepada PSSI dan klub-klub Liga 1 yang membuat kami menemukan bakat-bakat ini lewat kompetisi Elite Pro Academy. Selain itu, kami juga berterima kasih kepada para pihak yang mendukung dan membantu terbentuknya tim ini. Mulai dari sekolah-sekolah sepak bola, para pelatih masa kecil, hingga orang tua para pemain,” kata dia.

Indonesia U-15 tak mampu memegang penguasaan bola lebih dulu karena Vietnam langsung memberikan tekanan.

Anask asuh Bima Sakti Tukiman itu pun dipaksa untuk lebih banyak bertahan agar tidak kebobolan gol cepat. Kukuhnya pertahanan Indonesia U-15 membuat Vietnam cukup kelimpungan karena penguasaan bola yang dimiliki dalam 10 menit awal tak membuahkan hasil.

Perlahan-lahan Indonesia U-15 pun mampu mengimbangi permainan Vietnam sehingga mampu keluar menyerang. Indonesia U-15 mendapatkan peluang emas saat laga memasuki menit 20-an. Peluang pertama Timnas Indonesia U-15 didapatkan melalui aksi individu Alexandro Felix Kamuru yang menerobos pertahanan lawan pada menit 21.

Namun, umpan terakhir dari Kamuru gagal menemui rekan setimnya di kotak penalti. Peluang itu berlanjut tiga menit kemudian saat Ahmad Athallah Araihan melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti seusai melalukan umpan satu dua dengan rekan setimnya.

Peluang itu juga gagal membuat Timnas Indonesia U-15 membuka skor di babak pertama. Keasyikan menyerang membuat kapten Timnas Indonesia U-15, Marcell Januar Putra, membuat blunder pada menit 32. Penguasaan bola Marcell direbut pemain Vietnam sehingga langsung berhadapan satu lawan satu dengan I Made Putra Kaicen.

Beruntung bagi Indonesia U-15, sepakan akhir dari penyerang Vietnam tidak menemui sasaran sehingga kedudukan di papan skor tak mengalami perubahan. Skor 0-0 akhirnya menutup babak pertama karena tak ada tambahan gol yang tercipta untuk kedua tim.

Indonesia U-15 tak terlalu baik dalam memulai babak kedua karena penguasaan bola kembali dimiliki Vietnam. Indonesia U-15 harus bekerja keras guna merapatkan pertahanan layaknya babak pertama.

Indonesia U-15 berusaha untuk merebut penguasaan bola Vietnam dengan menaikkan tempo permainan. Usaha itu berhasil karena perlahan-lahan Indonesia U-15 mampu mengimbangi permainan Vietnam. Kendati demikian, belum ada peluang berarti yang didapatkan kedua tim hingga menit 65.

Baik Indonesia maupun Vietnam sama-sama kesulitan untuk menembus pertahanan masing-masing tim. Pelanggaran pun banyak terjadi setelah menit 65 karena stamina kedua tim banyak terkuras. Kondisi Itu membuat babak kedua berakhir dengan skor 0-0.

 

Karena laga berakhir dengan skor 0-0 maka pemenang harus ditentukan dengan babak adu penalti. Timnas Indonesia U-15 harus berterima kasih kepada sang penjaga gawang, Kaicen. Ketika dua dari tiga pemain Timnas Indonesia U-15 gagal mencetak gol maka Kaicen jadi juru selamat dengan menepis tiga tendangan pemain Vietnam.

Indonesia pun menang dalam babak adu penalti dengan skor 3-2 atas Vietnam.

Sumber : Okezone.com