PSM Borong Gelar di Piala Indonesia

Zulham Zamrun - AFC
06 Agustus 2019 19:22 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, MAKASSAR—PSM Makassar menjuarai Piala Indonesia 2018-2019 setelah mengalahkan Persija Jakarta dengan skor 2-0 pada final kedua di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Selasa (6/8/2019) petang WIB.

PSM unggul agregat 2-1, setelah pada final pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) kalah 0-1.

PSM unggul 1-0 lewat gol kilat Aaron Evans saat laga baru masuk menit ketiga. PSM juga menciptakan gol cepat pada babak kedua setelah Zulham Zamrun menanduk bola ke gawang Andritany Ardhyasa pada menit 50.

Persija mendapatkan peluang emas pada menit ke-25. Marko Simic melakukan sundulan jarak dekat memanfaatkan umpan silang Ismed Sofyan. Namun, sundulan striker berjuluk Super Simic itu masih melebar.

Tempo tinggi, yang cenderung keras, pada laga ini akhirnya meminta korban. Gelandang jangkar Persija, Sandi Sute diusir wasit pada menit ke-33 setelah menerima kartu kuning kedua.

PSM tidak hanya menjadi juara Piala Indonesia untuk edisi kali ini. Gelar individu juga diboyong oleh tim berjuluk Juku Eja tersebut.

Zulham Zamrun didapuk sebagai pemain terbaik. Eks pemain Persib Bandung itu sekaligus menjadi pencetak gol terbanyak dengan torehan 10 gol bersama pemain Persebaya Surabaya Amido Balde.

Sementara, pemain muda terbaik juga jatuh kepada gelandang PSM Makassar Asnawi Mangkualam. PSM berhak mengikuti Piala AFC 2020 mendatang. Juku Eja berhak mendapat uang tunai Rp3 miliar sebagai jawara.

Peraih Gelar Piala Indonesia

  1. Pemain muda terbaik: Asnawi Mangkualam Bahar (PSM Makassar)
  2. Pemain terbaik: Zulham Zamrun (PSM Makassar)
  3. Top Scorer: Amido Balde (Persebaya Surabaya) dan Zulham Zamrun (PSM Makassar) 10 gol
  4. Tim Fairplay: Madura United
  5. Tempat ketiga: Madura United dan Borneo FC
  6. Runner up: Persija Jakarta
  7. Juara: PSM Makassar

Sumber : Suara.com