Jelang Community Shield, Liverpool Mulai Membaik

Penyerang Liverpool, Mohamed Salah, merayakan golnya ke gawang Chelsea pada pertadingan pekan ke-34 antara Liverpool dan Chelsea di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Minggu (14/4/2019) malam WIB. - Reuters/Phil Noble
02 Agustus 2019 23:17 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA — Liverpool mengakhiri rentetan hasil buruk di pramusim dengan menundukkan Olympique Lyon 3-1 di Stade de Geneve, Jenewa, Kamis (1/8/2019) dini hari WIB. Hasil tersebut menjadi kabar baik menyambut duel panas melawan Manchester City dalam ajang Community Shield di Wembley, Minggu (4/8/2019) malam WIB.

Kehadiran Mohamed Salah, Roberto Firmino dan Alisson Becker yang absen dalam laga pramusim sebelumnya terbukti vital untuk mendongkrak performa The Reds. Firmino bahkan langsung mencetak satu gol untuk menyamakan kedudukan setelah Liverpool sempat ketinggalan lewat penalti Memphis Depay di menit keempat.

Setelah gol Firmino di menit ke-17, The Reds giliran unggul empat menit kemudian menyusul gol bunuh diri Joachim Andersen. Harry Wilson kemudian memantapkan keunggulan tim menjadi 3-1 lewat aksinya di menit ke-53. Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, tak menampik kembalinya Salah, Firmino dan Alisson membuat perbedaan signifikan dalam permainan tim.

“Anda bisa melihat dengan adanya Mo [Salah] dan Bobby [Firmino] di lapangan, permainan kami lebih terarah. Mo ingin mendapatkan bola dan Bobby melengkapinya. Jelas permainan kami belum yang terbaik, tapi ini langkah yang penting,” kata Klopp dilansir Liverpoolfc.com, Kamis.

Pelatih asal Jerman itu pun tak menutup peluang para bintangnya bakal kembali bermain di laga panas kontra City. Saat melawan Lyon, Firmino hanya bermain 30 menit sedangkan Salah 45 menit. Klopp diyakini sengaja memberi waktu bermain sedikit agar mereka benar-benar fit saat melawan The Citizens.

“Saya tidak mengatakan 100%, tetapi ada kemungkinan mereka bisa bermain. Kita lihat kebugarannya besok,” ujar mantan Pelatih Borussia Dortmund itu.

Klopp melihat ritme permainan The Reds sudah mulai terbentuk. Namun dia tak yakin timnya yang sekarang sudah siap menghadapi The Citizens yang berstatus juara bertahan. Apalagi, City memunyai Sergio Aguero yang tahun lalu memborong dua gol saat timnya membekuk Chelsea di Community Shield.

Jika mampu membobol gawang Liverpool, dia akan menjadi pemain pertama yang mencetak gol di ajang itu secara beruntun sejak Adrian Heath (Everton) melakukannya tahun 1985 dan 1986. Torehan itu memungkinkan diciptakan pemain berusia 31 tahun itu.

Menilik statistiknya. Aguero tercatat menyarangkan tujuh gol dalam 17 pertemuan melawan Liverpool di kompetisi domestik, termasuk tiga gol dalam lima perjumpaan terakhir. “Kami harus benar-benar mempersiapkan laga melawan City berbeda dari semua pertandingan lain yang kami mainkan,” tegas Klopp. 

Sumber : JIBI/Solopos