Piala AFF U-15: Pemain Timor Leste Diduga Curi Umur, Sudah Berusia 22 Tahun tetapi Mengaku 15 Tahun

Domingos Freitas - JIBI/Dok
01 Agustus 2019 04:47 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Salah satu pemain Timor Leste diduga mencuri umur di Piala AFF U-15 2019. Paulo Domingos Gali Da Costa Freitas diduga berusia jauh di atas 15 tahun.

Direktur Media dan Promosi Digital Gatot Widakdo, PSSI sedang menanyakan kebenaran isu tersebut kepada Federasi Sepak Bola ASEAN, AFF.

“PSSI sudah menanyakan ke AFF mengenai hal ini. Saya juga sudah komunikasi dengan media officer Myanmar, mereka juga laporkan hal yang sama,” kata Gatot saat dihubungi suara.com, jaringan harianjogja.com, Rabu (31/7/2019).

AFF menyatakan akan melakukan investigasi. Keputusan tersebut diambil AFF untuk menindaklanjuti laporan dari peserta lain yang merasa curiga akan keberadaan pemain terdaftar yang tidak sesuai dengan kriteria. Meski AFF enggan menyebut tim peserta yang dimaksud, satu pemain Timor Leste, Paulo Domingos Gali Da Costa Freitas, disebut mencuri umur. Freitas saat ini tercatat sebagai pencetak gol terbanyak sementara Piala AFF U-15 dengan lima gol.

Dilaporkan Fox Sport Asia, Freitas yang mengemban tugas sebagai kapten diduga melakukan pemalsuan usia. Pemain yang menjebol gawang Filipina empat kali itu diduga sudah berusia 22 tahun. Dugaan tersebut dipicu kemiripan nama Paulo Domingos dengan pemain berusia 22 tahun Timor Leste yang tampil di Piala AFF 2018 lalu dengan nama yang sama.

Selain itu, situs penyedia data sepak bola, Transfermarkt juga mencatat bahwa Paulo Domingos Freitas lahir pada 31 Desember 1996. Laman tersebut juga mencatat pemain yang dimaksud sudah dua kali tampil di ajang internasional bersama Timor Leste.

Indonesia U-15 baru saja menyelesaikan pertandingan mereka kontra Timor Leste, Rabu (31/5/2019). Pada pertandingan tersebut, tim asuhan Bima Sakti ditahan imbang 1-1. Domingos Freitas bahkan mencetak gol. Timor Leste saat ini masih bertengger di puncak klasemen sementara Grup A Piala AFF U-15 2019 dengan tujuh poin dari tiga laga. Unggul produktivitas gol dari Indonesia yang berada di posisi dua dengan poin sama.

Sumber : Suara.com