Advertisement

PSSI Ingin Pakai VAR, Kirim Tim ke Thailand

Galih Eko Kurniawan
Kamis, 25 Juli 2019 - 19:02 WIB
Galih Eko Kurniawan
PSSI Ingin Pakai VAR, Kirim Tim ke Thailand Tim PSSI belajar penggunaan VAR di Thailand.-Ist/Dokumen PSSI - pssi.org

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Federasi sepak bola Indonesia, PSSI, terus mematangkan rencana penggunaan Video Assistant Referee (VAR) yang kini jamak digunakan di kompetisi Eropa maupun turnamen sepak bola gelaran FIFA.

Rencananya, PSSI akan menerapkan penggunaan VAR untuk kompetisi Liga 1. Terkait dengan hal ini, PSSI berkunjung ke Thailand dan dibantu Federasi Sepak bola Thailand (FAT) untuk mengobservasi semua hal terkait dengan implementasi VAR di Thai League 1.

Advertisement

“PSSI terus bergerak untuk mewujudkan implementasi VAR di Liga 1. Observasi di Thailand akan banyak membantu kami [PSSI] dalam hal persiapan baik secara prosedur, teknis, perlengkapan dan regulasinya,” kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, seperti dikutip dari pssi.org, Kamis (25/7/2019).

Selama di Thailand, PSSI berkoordinasi dengan FAT dalam hal prosedur pengajuan penerapan VAR ke IFAB dan FIFA. Selain itu juga diadakan rapat dengan Thai League 1 dalam hal perlengkapan dan teknologi yang dibutuhkan serta penjajakan vendor penyedia teknologi VAR.

Agenda lainnya yang juga telah disusun di antaranya rapat dengan FIFA Instruktur dalam hal pengajuan pelatihan untuk VAR. Pertemuan dengan manajer proyek VAR program FAT mengenai teknis persiapan hingga pelatihan VAR dan penerapannya. Pertemuan dengan instruktur FIFA soal standart para wasit yang akan bertugas sebagai VAR dan AVAR. “Tidak kalah penting adalah observasi langsung kursus VAR dalam hal teori dan praktik,” papar Tisha.

Selanjutnya, PSSI akan mengadakan pertemuan dengan direktur IFAB berkenaan pengajuan penerapan VAR di Indonesia sekalian melihat simulasi pengoperasian dan peranan VAR dalam pertandingan Thai League 1 di pada Minggu (28/7/2019).

Secara internal organisasi, FAT membutuhkan waktu setidaknya sembilan bulan untuk mematangkan rencana implementasi VAR. Hal paling penting dalam persiapan VAR adalah Pelatihan dan Sertifikasi Wasit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Proliga 2024 Kamis 24 April, Pertandingan Pertama LavAni vs Garuda Jaya

Olahraga
| Kamis, 25 April 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement