Messi Dihukum Larangan 1 Laga di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Lionel Messi - Reuters
24 Juli 2019 23:07 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Lionel Messi dihukum satu pertandingan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Amerika Selatan yang akan dimulai Maret 2020. Hukuman itu dijatuhkan Asosiasi Sepak Bola Amerika Latin (Conmebol) setelah Messi mendapatkan kartu merah pada laga perebutan tempat ketiga Copa America 2019 melawan Chile bulan lalu.

Dalam pernyataan resminya sebagaimana dikutip Reuters, Conmebol menyatakan Messi juga harus membayar denda US$1.500 dolar atau setera Rp 17 juta. Messi mendapatkan kartu merah setelah ribut dengan bek Chile Gary Medel yang juga diusir wasit. Namun, Conmebol tak menyebutkan hukuman terhadap Medel.

Setelah pertandingan, Messi menuding adanya praktik korupsi di tubuh asosiasi dan menyatakan Copa America 2019 sengaja dirancang untuk memenangkan Brasil. Argentina disingkirkan Brasil 0-2 pada semifinal melalui laga kontroversial. Messi uring-uringan karena wasit tak memberikan dua hadiah penalti kepada Argentina. Bahkan, wasit tak melihat VAR untuk memastikan apakah ada pelanggaran yang dilakukan pemain Brasil di kotak terlarang.

Namun, dalam putusannya, Conmebol tak menyebutkan soal komentar Messi tersebut. Conmebol juga menyatakan telah mencopot Ketua Asosiasi Sepak Bola Argentina, Claudio Tapia, dari jabatannya sebagia perwakilan mereka di FIFA. Tapia juga mengkritik Conmebol menyusul kegagalan Argentina melaju ke partai final Copa Amerika 2019.

Amerika Selatan akan mulai menggelar kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Maret tahun depan. Argentina dan sembilan tim lainnya akan memperebutkan empat tiket lolos otomatis ke putaran final.