Liverpool, City, & Basel Berebut Kiper 19 Tahun Asal Turki

Berke Ozer - Facebook Berke Ozer
19 Juli 2019 23:57 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Liverpool, Manchester City, dan Basel, berebut kiper 19 tahun yang merumput di Fenerbahce, Berke Ozer.

Ozer bukan kiper utama Fenerbahce, tetapi sudah mendapat panggilan di Timnas Turki senior. Musim lalu, Ozer menolak tawaran beberapa klub Eropa, termasuk City, Liverpool, dan Basel, setelah tampil apik bersama klub kasta kedua Liga Turki, Altinordu FK. Ozer memilih Fenerbahce. Sayang, di klub tersebut dia malah kalah bersaing dengan Harun Tekin dan kiper senior Demirel Volkan.

Sebagaimana dikutip Goal, City, Liverpool, dan Basel mengendus situasi tersebut dan berusaha membujuk Ozer untuk hengkang. Ketiganya sudah menghubungi agen Ozer untuk menanyakan kemungkinan transfer.

Di City, Ozer akan didapuk sebagai deputi Ederson, sedangkan di Liverpool dia akan menjadi cadangan kiper terbaik dunia Alisson. Adapun di Basel, Ozer punya kesempatan menjadi kiper utama, bersaing dengan Jonas Omlin.

Ketiganya punya peluang besar menggaet Ozer karena Fenerbahce ingin meminjamkannya selama semusim untuk mengembangkan kemampuan kiper tersebut.

Fenerbahce punya rekam jejak buruk dalam memoles kiper muda. Contoh paling mencolok adalah melesatnya Merih Demiral, bek tengah yang kini berusia 21 tahun. Demiral adalah produk Akademi Fenerbahce yang gagal menembus skuat utama. Dia kemudian bergabung dengan klub kasta ketiga Liga Portugal Alcanenense sebelum direkrut Sporting CP. Demiral lantas pulang ke Turki untuk bergabung dengan Alanyaspor, kemudian dipinjamkan ke Sassuolo dan berkembang pesat. Di jendela transfer musim ini, Demiral dibeli Juventus dengan mahar 15 juta euro.