Simon McMenemy Optomistis Indonesia Tampil Apik di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Simon McMenemy - pssi.org
18 Juli 2019 19:07 WIB Ahmad Baihaqi Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA  - Pelatih Indonesia Simon McMenemy optimistis Indonesia bisa melaju ke fase lanjutan dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Indonesia tergabung di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 bersama Unie Emirat Arab, Vietnam, Thailand, dan Malaysia. Indonesia menjadi tim dengan peringkat FIFA terendah di grup tersebut yakni posisi ke-160. Sementara UEA berada di peringkat ke-67, Vietnam (96), Thailand (116), dan Malaysia (159).

Simon hadir dalam acara undian Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang digelar di Malaysia. Dia mengatakan sangat antusias menjelang pertandingan pertama. Dia juga berharap dukungan penuh suporter Indonesia dengan datang langsung ke Stadion. “Mudah-mudahan kami bisa dapatkan hasil postif,” kata Simon seperti dikutip dari pssi.org, Kamis (18/7/2019).

Sebanyak 40 negara Asia berpartisipasi di babak kualifikasi fase kedua. Ke-40 negara tersebut masuk ke dalam delapan grup. Masing-masing grup diisi oleh lima negara. Babak kualifikasi kedua Piala Dunia 2022 zona Asia ini akan dihelat mulai 5 September 2019 sampai Juni tahun depan.

Juara dari masing-masing grup (delapan tim) dan empat runner up terbaik akan lolos ke babak kualifikasi ketiga.

Juara grup dan runner up terbaik tersebut juga otomatis langsung lolos mengikuti Piala Asia 2023 di China. Kemudian tim terbaik dari 24 tim tersisa akan kembali bertanding guna memperebutkan slot Piala Asia yang tersisa.

Timnas Indonesia sendiri terhindar dari grup neraka. Pasalnya lawan-lawan yang akan dihadapi skuat asuhan Simon McMenemy di Grup G terbilang sudah familiar.

Indonesia segrup dengan Vietnam, Thailand dan Malaysia. Tiga negara tersebut merupakan lawan-lawan yang sudah biasa dihadapi tim Garuda di level Asia Tenggara.

Selain tiga negara ASEAN tersebut, Indonesia juga akan menghadapi Uni Emirat Arab sebagai tim pot 1 yang merupakan unggulan dari Grup G ini.

Jika berhasil lolos sampai ke tahap tersebut, Indonesia tentu bakal bertemu para raksasa Asia macam Jepang, Iran, Korea Selatan, Arab Saudi, Qatar, hingga Australia

Sumber : JIBI/Solopos