Tak Seperti Vlado, Aji Santoso Berencana Mainkan Maitimo di Posisi Ini

Raphael Maitimo (tengah) saat berlatih di Lapangan Tamanan, Banguntapan, Bantul, Selasa (16/7/2019) sore. - Harian Jogja/Jumali
16 Juli 2019 19:22 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Pelatih PSIM Jogja Aji Santoso akan mengembalikan posisi natural Raphael Maitimo sebagai gelandang. Di era Vladimir Vujovic, Maitimo ditempatkan sebagai penyerang sehingga tak berkembang maksimal.

Aji menegaskan tak akan mengutak-atik pemain di luar posisi alamiah mereka. Coba-coba posisi pemain adalah salah satu langkah Vlado ketika menangani Laskar Mataram. Maitimo yang paling menderita karena dia dipaksa menjadi penyerang sayap atau bahkan striker yang berfungsi sebagai targetman. Saat PSIM kalah 1-2 dari Persik, Maitimo menjadi tandem Cristian Gonzales di lini depan. Keduanya melakoni peran hampir sama, sebagai muara seranan yang memantulkan bola kepada gelandang serang. Di babak pertama, skema itu berjalan. Namun, di babak kedua Maitimo mati kutu.

Padahal, posisi naturalnya adalah gelandang. Bahkan, ketika bermain bersama Vlado di Persib beberapa musim lalu, Maitimo juga sangat fasih melakoni peran sebagai gelandang.

“Jangan sampai saya menempatkan pemain bukan pada posisinya,” kata Aji Santoso seusai memimpin latihan di Lapangan Tamanan, Banguntapan, Bantul, Selasa (16/7/2019) sore.

Ini adalah kali pertama Aji memimpin latihan Laskar Mataram sejak menandatangani kontrak sebagai Pelatih PSIM. Aji akan mengembalikan Maitimo sebagai gelandang agar pemain naturalisasi tersebut bisa berkembang demi kebaikan tim.

“Semisal Maitimo, enggak mungkin saya pasang dia sebagai penyerang atau sayap karena dia bukan di situ. Saya pengin menempatkan pemain sesuai posisinya agar pemain merasa nyaman dan mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya,” ucap Aji.