Kalahkan Persebaya, PSS Sleman Naik ke Peringkat ke-5

Pertandingan antara PSS Sleman melawan Persebaya Surabaya, Sabtu (13/7/2019) - Harian Jogja/Jumali
14 Juli 2019 00:37 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - PSS Sleman sukses memenuhi ambisinya meraih poin penuh di kandang, setelah menekuk Persebaya pada lanjutan Liga 1 2019 dengan skor 2-1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (13/7/2019) malam.

Dua gol PSS Sleman dicetak oleh Yevhen Bokhasvhili pada menit ke-39 dan Haris Tuharea di menit ke-56. Sedangkan gol hiburan Persebaya dicetak oleh Damian Emanuel Lizio pada menit ke-27.

Atas tambahan tiga poin ini, PSS Sleman langsung menggusur posisi Bhayangkara FC dengan menempati peringkat ke-5 dengan12 poin. Sedangkan Persebaya tetap berada di peringkat ke-4 dengan 12 poin.

Pelatih PSS Sleman Seto Nurdiyantoro mengaku bersyukur atas raihan tiga poin yang didapatkan oleh anak asuhnya. Sebab, sejak awal, timnya terus ditekan oleh Persebaya Surabaya. Beruntung, beberapa kali serangan dari Persebaya tidak mampu menjadi gol. Sebaliknya, PSS memiliki beberapa peluang, namun hanya dua gol tercipta.

"Kami beruntung. Hasil ini kami syukuri," kata Seto usai pertandingan.

Menurut Seto daripada melawan Kalteng Putra ada peningkatan penampilan pada malam kali ini. Utamanya dalam penciptaan peluang.

"Ini yang harus kami perbaiki, ke depan harus banyak peluang dan banyak gol," lanjut Seto.

Sementara pelatih Persebaya, Djajang Nurdjaman mengaku meminta maaf atas kekalahan yang dialami timnya. Sebab, di babak pertama, mampu unggul lebih dahulu. Namun, kelengahan di lini belakang mampu dimaksimalkan PSS untuk mencetak dua gol ke gawang Persebaya.

"Sejatinya kami sudah lakukan evaluasi. Tetapi pada pertandingan ini kembali terjadi," ucap Djajang.

PSS sendiri tampil menekan sejak awal babak pertama. Menit ke-12, PSS sempat membuka peluang melalui Brian Ferreira melalui sepakan keras dari luar kotak penalti. Namun, bola masih melambung di atas mistar gawang Miswar Saputra.

Sedangkan sang tamu, Persebaya coba balas menekan, empat menit berselang mereka mendapat peluang emas dari Jalilov usai menerima umpan dari Lizio. Sayang, tendangannya masih dapat diselamatkan penjaga gawang PSS.

PSS sendiri terus menekan, namun secara mengejutkan justru Persebaya Surabaya yang berhasil mencetak gol lebih dulu lewat aksi Damian Lizio di menit ke-27. Berawal dari shooting Jalilov yang membentur tiang gawang, bola liar langsung disambar pemain asal Bolivia tersebut dengan sepakan keras mendatar dan tak mampu dibendung penjaga gawang PSS, Tri Hamdani. 0-1 untuk keunggulan Persebaya.

Tertinggal 0-1, membuat PSS Sleman bangkit dan menekan. Beberapa kali Brian Ferreira coba kembali melesakkan tembakan keras dari jarak jauh, tetapi masih bisa ditepis oleh kiper Persebaya. Elang Jawa sendiri baru mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-39 melalui Yevhen Bokhashvili. Diawali dari umpan silang Brian Ferreira, Yevhen yang berdiri bebas berhasil melesakkan tendangan ke gawang Persebaya. Skor 1-1 bertahan hingga akhir babak pertama.

Masuk babak kedua, PSS mencoba tampil menekan. Namun, beberapa peluang gagal membuahkan hasil. PSS baru mampu mengubah kedudukan menjadi 2-1 pada menit ke-56 melalui Haris Tuharea. Berawal dari aksi individu Ilham Zahul Mila yang menusuk di sisi kiri pertahanan Persebaya, bola silang dari Zahrul Mila langsung disambar oleh Haris Tuharea dan gagal dibendung oleh kiper Persebaya.

Skor 2-1 membuat Persebaya meningkatkan serangan. Tetapi, usaha dari Irfan Jaya dan kawan-kawan selalu kandas saat berhadapan dengan lini belakang PSS Sleman. Hingga dua menit tambahan babak kedua selesai, skor tetap 2-1 untuk keunggulan PSS Sleman.